Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaLaporan UtamaBersama AJI Pontianak, LPM IAIN Diskusi Ancaman Kebebasan Pers

Bersama AJI Pontianak, LPM IAIN Diskusi Ancaman Kebebasan Pers

wartaiainpontianak.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak gelar diskusi dalam rangka memperingati Hari Pers Internasional Sabtu, 4 Mei 2019.

Diskusi yang berlangsung secara umam di Gazebo IAIN Pontianak, mengusung tema Ancaman Terhadap Kebebasan Pers di Indonesia. “Ini bertujuan agar pemikiran mahasiswa lebih terbuka akan isu-isu kebebasan pers di Indonesia,” ujar Dian Lestari, Ketua AJI Pontianak.

Dian mengatakan Indonesia termasuk urutan ke- 122 dalam indeks kebebasan pers internasional. “Indonesia termasuk ke dalam negara yang cukup bebas, walau pun tak sedikit pula muncul beberapa kasus mengenai kebebasan pers di Indonesia,” ujar Dian Lestari.

Dian pun memaparkan beberapa ancaman-ancaman kebebasan pers seperti hukum, masyarakat bahkan jurnalis itu sendiri. “Ancaman kebebasan pers ada tiga. yang pertama ancaman hukum di mana ada beberapa undang- undang yang membatasi kebebasan pers, lalu yang ke dua dari masyarakat sendiri dimana zaman sekarang ini masyarakat cenderung memilih hal-hal yg instan. Dan yang terakhir adalah dari jurnalis itu sendiri, dimana si wartawan itu mengutip berita bohong dan tidak mengecek kebenaran berita tersebut,” jelas Dian.

Reporter : Natalia Lestari

Redaksi WARTA
Redaksi WARTAhttp://www.wartaiainpontianak.com
wartaiainpontianak.com merupakan media daring (online) yang dikelola oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM ) WARTA, yang merupakan salah satu bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Alamat redaksi wartaiainpontianak.com berada di Jalan Letnan Jenderal Soeprapto No. 19, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat atau komplek kampus IAIN Pontianak Gedung Sport Center Bagian Barat. Iklan dan redaksi E-mail: lpmwarta1@gmail.com
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments