Senin, Juli 22, 2024
BerandaBeritaPWI kalbar Resmi dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat Periode 2024-2029

PWI kalbar Resmi dilantik oleh Ketua Umum PWI Pusat Periode 2024-2029

Sumber Foto : Jurnalis LPM Warta

 

Wartaiainpontianak.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2024-2029, Kundori beserta jajaran pengurus Resmi dilantik di hotel Alimoer Kabupaten Kubu Raya, Selasa (09/7/2024).

Acara pelantikan ini menandai dimulainya masa jabatan baru bagi Kundori dan timnya yang akan memimpin PWI Kalbar selama lima tahun ke depan.

Walaupun PWI Kalbar ini sempat vakum dari tahun sebelumnya, kundori dan rekan-rekannya akan menghidupkan kembali PWI yang ada di kalbar ini.

Kundori menyampaikan program utama yang akan dijalankan selama masa jabatannya, yaitu pembenahan dan konsolidasi internal serta pembekalan bagi para anggota.

“Jadi pertama program kami adalah pembenahan atau konsolidasi internal, pembekalan bahkan hari ini aja ada orientasi kewartawanan dan keorganisasian itu syarat mutlak bagi mereka yang belum punya KTA, jadi kalo ngga mengikuti tidak akan dibikin KTA. Jadi wajib karena bersertifikat,” jelas Kundori.

Pj gubernur Kalimantan Barat Harisson juga menyampaikan disaat sambutan pelantikan PWI Kalbar bahwa wartawan menjadi bagian penting dalam demokrasi di indonesia sebagai kontrol sosial, memberitakan peristiwa dan opini dengan menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat serta asas praduga tidak bersalah.

“Wartawan sebagai salah satu pilar perjuangan bangsa. salah satu pilar demokrasi indonesia memberikan informasi yang terpecaya ke masyarakat dan mendidik masyarakat dan menjaga demokrasi itu sendiri.wartawan selalu dituntut untuk,mengusung nilai kebenaran,tidak berpihak, serta memiliki peran sebagai alat kontrol sosial.” Ujar Harisson

Kundori juga menekankan pentingnya mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) sebagai bagian dari proses untuk menjadi anggota PWI.

“Kemudian, dalam PWI sendiri sesuai PD PRT untuk menjadi anggota PWI itu adalah harus untuk jenjang anggota muda yaitu harus ikut OKK (orientasi kewartawanan dan keorganisasian) selama dua tahun, baru kita ajukan ke tingkat anggota biasa yang ditangani oleh ketua pusat. Dan itupun syaratnya harus lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Nah kemaren kita sudah gelar uji kompetensi wartawan 2 hari sebelumnya. Alhamdulillah dari 29 peserta 28 kompeten atau lulus, satu tidak kompeten,” tambahnya

Kundori juga menjelaskan langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Kundori dan pengurus PWI Kalbar adalah konsolidasi dan silaturahmi dengan pejabat-pejabat yang mengambil kebijakan di Kalbar, termasuk pejabat di tingkat kabupaten dan kota. Mereka juga berencana membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten.

“Kemudian langkah selanjutnya kami akan konsolidasi silaturrahmi kepada pejabat-pejabat yang mengambil kebijakan di Kalbar, bahkan Kabupaten Kota dan kemudian membentuk kepengurusan ditingkat Kabupaten,” ucapnya

Ketua Seksi Pariwisata, Pendidikan dan Perempuan, Chicha yang juga baru saja dilantik menjadi pengurus PWI, ia berharap PWI ini bisa memperluas jangkauannya dan mendukung anggotanya dengan semangat solidaritas wartawan yang kuat.

“Saya berharap, supaya PWI ini lebih luas lagi dan lebih mengadvokasi anggota-annggotanya seperti itu, terutama solidaritas antar sesama wartawan dan saling mendukung.” Tutupnya.

 

Penulis :Qudsiyah
Penyunting : Aghisna

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments