Senin, Juni 24, 2024
BerandaBeritaLPM Warta IAIN Pontianak Menggelar PJTL 2024

LPM Warta IAIN Pontianak Menggelar PJTL 2024

wartaiainpontianak.com- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta mengadakan pembukaan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya, yaitu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) dengan tema “Manifestasi Jurnalis Warta yang Berkompeten dan Independen” bertempat di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak pada Kamis, 01 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) IAIN Pontianak, Muhammad Syahrun, S, E. M. M perwakilan dari Wakil Rektor III.

Zikri, Ketua Umum LPM Warta mengatakan bahwa PJTL sangat penting bagi para jurnalis muda. Menurutnya, pelatihan tersebut dapat memberikan mereka kesempatan untuk belajar banyak hal, mulai dari teknik penulisan, pengambilan gambar, hingga pengambilan video.

“Pelatihan jurnalistik tingkat lanjut ini sangat penting bagi kami para jurnalis muda. Kami bisa belajar banyak hal, mulai dari teknik penulisan, pengambilan gambar, hingga pengambilan video,” Ungkap Zikri.

Syahrun  mengatakan melalui PJTL, kita dapat memahami bahwa regenerasi bukan hanya sekadar pergantian, tetapi juga proses pembelajaran berharga dari tahap awal masuk ke dunia pers. Pelatihan dan arahan menjadi landasan penting dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalani peran di dunia jurnalistik.

“PJTL merupakan sebuah bagian penting dari sebuah regenerasi. Sebuah pembelajaran dari mereka dari tahap awal masuk kedalam dunia Pers. Karena untuk melakoni sebuah dunia untuk keterampilan perlu ada pelatihan dan arahan,” ujar Syahrun.

Syahrun menyampaikan harapannya bahwa di masa depan dapat melahirkan mahasiswa yang berdedikasi sepenuhnya dalam memahami segala aspek dunia pers. Harapannya, mereka mampu membangun karier yang gemilang di dunia jurnalistik. Diharapkan perwakilan dari kita semua dapat berkontribusi secara signifikan, karena pekerjaan di lapangan pers memegang peran penting sebagai kontrol sosial. Pentingnya pelatihan untuk membentuk kontrol sosial yang efektif tidak boleh diabaikan.

“Harapan kita kedepan kita bisa menghasilkan mahasiswa yang totalitas yang mempunyai pemahaman didunia pers kemudian juga bisa berkarir di dunia pers. Kita berharap sekali mahasiswa terserat perkerjaan di lapangan perkerjaan. Pers itu sangat penting di dunia masyarakat karna sebagai kontrol sosial. Untuk kontrol sosial yang baik itu harus di latih,” tutup Syahrun.

 

Penulis : Andini

Penyunting : Tim Redaksi

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments