Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBeritaPimpinan dan Civitas Akademika IAIN Pontianak Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Pimpinan dan Civitas Akademika IAIN Pontianak Gelar Deklarasi Pemilu Damai

wartaiainpontian.comPimpinan dan Civitas Akademika IAIN Pontianak menggelar deklarasi pemilu damai di Halaman Gazebo Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Kamis 8 Februari 2024.

IAIN Pontianak menjadi kampus yang aktif mendukung seruan untuk pemilu damai, dengan melibatkan seluruh elemen Civitas Akademika dalam upaya mempromosikan kedamaian dan partisipasi yang bertanggung jawab dalam proses demokrasi.

Bertempat di halaman Gazebo IAIN Pontianak, Deklarasi pemilu damai ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Pontianak yaitu Prof., Dr. Syarif ,S.Ag. MA, diikuti oleh Sejumlah Dosen dan beberapa Mahasiswa.

Dalam deklarasi tersebut, Prof Syarif menyampaikan bahwa pemilihan umum adalah sebuah momen yang tak bisa diabaikan dalam mempertahankan kesatuan NKRI. Oleh sebab itu ia berharap semua pihak harus mengingat pentingnya fungsi asli pemilu, dan tidak boleh terganggu oleh disorentasi atau arah yang salah.

“Pemilhan umum adalah satu momentum yang harus menjadi unsur penting dalam keutuhan NKRI. Kita semua tidak boleh disorentasi dari sejatinya fungsi pemilu,” Ungkap Syarif.

Civitas akademika IAIN Pontianak bersama-sama mengemban keinginan untuk mewujudkan kesuksesan pemilu yang berjalan dengan aman dan damai, melalui partisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, memberikan pemahaman yang benar tentang proses demokrasi kepada masyarakat, serta mengedepankan dialog dan toleransi sebagai landasan utama dalam menangani perbedaan pendapat dan konflik yang mungkin akan timbul.

Syarif juga mengatakan, IAIN Pontianak menegaskan penolakannya terhadap segala bentuk taktik politik yang berpotensi memicu kekacauan dan perpecahan dalam bangsa, seperti politik identitas, penyebaran berita palsu, dan kampanye berbau negatif.”

“IAIN Pontianak menolak segala bentuk trik-trik politik yang mampu menyababkan disorientasi dan disintegrasi bangsa seperti politik identitas dan penyebaran hoax dan fitnah serta politik caci maki.” Ujar Syarif.

Selain itu Syarif juga  mengharapkan agar pelaksanaan pemilu ini dapat berjalan dengan tertib, aman, dan damai untuk mewujudkan kesuksesan pemilu yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024.

“IAIN Pontianak berdoa pemilu ini dapat dilaksanakan secara tertib, aman dan damai serta siap mensukseskan pemilu ini,” Tutup Syarif.

 

Penulis : Maisya

Penyunting : Tim Redaksi

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments