Peringati Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Seminar Nasional Bertemakan “Kekerasan Seksual di Kampus” Sukses Digelar.

0
58

Wartaiainpontianak.com – Seminar Nasional bertemakan “Kekerasan Seksual di Kampus” sukses digelar pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 di Aula Masjid Syech Abdul Rani. Kegiatan yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Syariah yang di ketuai oleh Dimas Reynaldi ini diarahkan langsung oleh Dian Lestari selaku moderator. Dian Lestari mengungkapkan bahwa tujuan dari seminar ini merupakan bagian dari kampanye Internasional yang memperjuangkan orang-orang yang menjadi korban kekerasan seksual khususnya pada perempuan yang dikenal dengan 16HAKTP (Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan).

Tuti Tursilawati selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagi pihak utama, kampus hendaknya memberi wadah atau ruang untuk pembekalan edukasi sebagai antisipasi kepada mahasiswa, “Pihak kampus hendaknya memberi memberikan suatu ruang lah ya untuk edukasi, agar banyaknya mahasiswa di kampus memiliki rasa aman serta sadar bahwa mereka mahasiswa memiliki payung hukum yang melindungi dari kekerasan seksual. Dan dengan kesadaran itu kampus dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada mahasiswanya yang mungkin selama ini takut ataupun bingung untuk melaporkan kejadian yang berkaitan dengan kekerasan seksual yang mungkin dialami ataupun dirasakan.” Ujarnya.

Mendukung pernyataan Tuti, Abdul Ridho sebagai peserta seminar menyampaikan betapa bermanfaatnya seminar ini diberlangsungkan, “ Seminar hari ini sangat bermanfaat ya bagi saya, banyak hal-hal baru yang saya dapatkan pertama dari materi yang dibawakan. Kita sebagai orang awam tentu harus tahu  apa itu sexual harassment itu sangat penting untuk dipelajari jadi untuk seminar ini diharapkan untuk lebih rutin diadakan.” Tutupnya.

Reporter : Rifqi Al Furqon

Editor : Deti Nuriska

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here