Mega Baksos KSR, Sosialisasikan PHBS Kepada Masyarakat Desa Sungai Kupah

0
242
Foto bersama dengan panita Mega Baksos Sosialisasi PHBS serta peserta yang hadir di Aula Sungai Kupah, Sabtu (2/10).

wartaiainpontianak.com — Unit Kegiatan Khusus (UKK) KSR PMI Unit IAIN Pontianak gelar acara Mega Baksos Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Aula Desa Sui Kupah, Sabtu (2/10).

Aulia Rokhmah selaku Ketua Panita mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk relawan selalu punya aksi. “Agar relawan selalu punya aksi, tidak hanya berbagi barang tapi juga berbagi ilmu atau edukasi,” ujar Aulia.

Selain itu Aulia juga menambahkan untuk tujuan digelarnya acara ini di lokasi tersebut guna meningkatkan tali silaturahmi serta edukasi bersama masyarakat sekitar. “Maksudnya di sini biar bisa meningkatkan tali silaturahmi antara relawan dengan masyarakat. Karna kalau dilihat di Pontianak ini relawan KSR-nya itu kurang turun ke daerah-daerah dan pastinya fokus ke kota, jadi makanya di daerah biar sekaligus meningkatkan edukasi bersama masyarakatnya,” tambahnya.

Untuk materi dalam kegiatan ini memang terfokus kepada Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) karena Aulia dan panita lainnya melihat bahwa masyarakat di sekitar Sungai Kupah ini kurang memperhatikan PHBS. “Dan juga kita lihat di sini masyarakatnya kurang paham dengan PHBS serta di lingkungan pun mereka lebih mementingkan pariwisata, terus mereka juga kurang peduli akan kesadaran lingkungan sekitarnya, seperti kebersihan makanya diambil lah materi PHBS tersebut yang ada lingkup rumah tangga, pendidikan, seperti yang telah dipaparkan oleh pemateri tadi,” jelas Aulia.

Dalam kegiatan Mega Baksos ini juga dijelaskan oleh Aulia diadakan tiga kegiatan diwaktu yang berbeda, yaitu pertama Sosialisasi PHBS Sabtu (2/10), kedua yaitu Ahad Berbagi yang rencananya dilaksanakan pada hari Minggu (10/10) di lingkungan sekitar Pontianak, dan ketiga, bakti sosial yang rencananya diadakan di panti asuhan.

Kemudian dijelaskan juga untuk tamu yang hadir dalam acara Mega Baksos Sosialisasi PHBS ini memang fokusnya mengundang ibu-ibu. “Dari tiga agenda itu mencakup dari semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Namun untuk materi PHBS ini memang ditekankan kepada ibu-ibu karena mereka diibaratkan orang yang mengurus rumah jadi pola hidup bersih itu berawal dari ibu,” katanya.

Kegiatan ini juga ada terjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kubu Raya. Andika, Ketua Umum KSR PMI Unit IAIN Pontianak berharap agar bisa meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. “Agar kawan-kawan terjalin dengan masyarakat dan peduli serta menjalin kebersamaan. Saya harap kawan-kawan juga bisa mengaplikasikan hidupnya di KSR ke masyarakat,” ujar Andika.

Reporter : Widad Ardina
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here