Kolaborasi DEMA-I dan SAKA Gelar Dialog Publik Tentang Pentingnya Toleransi bagi Pemuda

0
211

wartaiainpontianak.com — Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut gelar dialog publik yang mengangkat tema “Menciptakan Pemuda Sebagai Role Model Toleransi Dalam Kehidupan Bermasyarakat”. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Suar Asa Khatulistiwa (SAKA) yang diselenggarakan di Aula Syeikh Abdur Rani Mahmud, IAIN Pontianak pada Selasa (26/10).

Dalam dialog publik ini membahas tentang toleransi pemuda dalam bermasyarakat, adapun yang menjadi pemantik dari kegiatan ini adalah Eka Hendry, M. Si, salah satu akademisi IAIN Pontianak dan Sri Wartati, M. Hum. yang merupakan Ketua Yayasan SAKA.

Kegiatan dialog publik ini juga dihadiri oleh Warek 3, Abdul Mukti Ro’uf, MA. yang juga menyampaikan pentingnya toleransi bagi pemuda dalam bermasyarakat pada sambutannya. “Penting bagi pemuda penerus bangsa menjaga keberagaman yang ada di Indonesia dengan menerapkan nilai-nilai toleransi untuk menjaga ciri khas Indonesia agar tetap bersatu, saling menghormati, menghargai dan menjaga antar sesama,” terang Abdul Mukti.

Eka Hendry, pemantik dialog publik ini menyampaikan aspek pembentuk toleransi dalam materinya. “Sebagai pemuda penerus bangsa ada tiga lingkungan sebagai wadah pembentuk toleransi. Pertama, keluarga yang membentuk mental, attitude (etika), dan tanggung jawab. Kedua, pendidikan yang membentuk potensi kognitif, efektif, dan psikomotorik. Dan ketiga adalah organisasi yang membentuk karakter leadership (kepemimpinan), tangung jawab, dan terbuka pada sesama,” jelas Eka Hendry.

Sri Wartati yang merupakan Ketua Yayasan SAKA juga menyampaikan dalam materinya tentang urgensi toleransi pemuda dalam masyarakat. “Pemuda adalah generasi yang akan berperan aktif dalam kehidupan masyarakat. Sebisa mungkin pemuda harus menjauhkan diri dari sifat intoleransi. Membentuk diri dengan lingkungan yang positif, mencari jati diri dengan dengan pergaulan yang bisa membuat pemuda semakin tingi dalam bertoleransi,” tutup Sri.

Reporter : Anisa
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here