Sahabat Beramal Jariah (SABARAJA) Pontianak, Gerakan Spontanitas Anak Muda

0
234

Wartaiainpontianak.com Bulan suci Ramadan memang bulan penuh rahmat dan berkah dari Allah SWT sehingga berbagai kalangan manusia berlomba-lomba untuk berbagi sesama. Seperti halnya dengan yang dilakukan oleh komunitas baru Sahabat Beramal Jariah (SABARAJA) Pontianak. Pada Minggu (25/04), SABARAJA Pontianak berbagi bukaan puasa berupa takjil dan makanan berat kepada orang-orang di jalanan yang membutuhkan, seperti pengemis, pemulung, pedagang kecil, tukang becak, dan lain-lain.

Gerakan ini awalnya bermula saat Yunita Sari melihat dari postingan yang lewat di Instagram. Yunita merasa tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu. “Pikir saye pingin juga punye kawan yang circlenye tu penuh manfaat dan mengajak pada kebaikan,” ujar Yunita.

Setelah melakukan diskusi dengan beberapa temannya, kemudian beberapa orang akhirnya sepakat untuk membuat grup WhatsApp. Proses perekrutan anggota melalui ajakan mulut ke mulut saja, hingga terkumpullah 20 orang lalu diundang ke dalam grup WhatsApp tersebut. “Pas saye liat postingan itu jadilah saye tag lalu minta pendapat kawan-kawan saye dan ngajak sekaligus si. Dan Alhamdulillah pada mau,” tambahnya.

Yunita memaknai bahwa berbagi itu sangat penting, apabila kita mampu berbagi rasa kepada sesama. Apalagi di bulan Ramadan, maka alangkah baik jika kita mengisi bulan ini dengan ajang amal yakni berbagi. Melalui gerakan ini, maka diharapkan menjadi motivasi bagi anak muda lainnya untuk terus berbagi. “Dan kami berharap kegiatan ini bukan hanya berlangsung di bulan Ramadan tetapi juga di bulan-bulan lainnya. Kami anak muda dan kami ingin juga membentuk jiwa muda yang dermawan,” tegas Yunita.

Aprian Tito Prayoga sebagai Ketua menyebutkan bahwa awalnya nama gerakan ini adalah “Fastabiqul Khoirot”. Selang berjalannya waktu karena anggota menginginkan gerakan ini kedepannya memiliki legalitas, maka kemudian teman-teman mencetuskan beberapa nama. Dari berbagai nama yang dicetuskan, maka terpilih “Sahabat Beramal Jariyah yang kemudian disingkat SABARAJA. Dari nama tersebut, anggota berharap akan menjadi motivasi untuk terus menyebarkan kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. “Kami ingin istiqamah dalam berbagi apa yang kami bisa berikan dan menebar kebaikan kepada semua orang,” tambah Aprian.

Untuk mengawali gerakan ini, maka kegiatan hari ini dimulai pada saat pemesanan 100 kotak nasi. Kemudian belanja roti dan packing makanan yang akan dibagikan. Awalnya sempat down akibat turunnya hujan karena jika hujan tidak berhenti maka makanan yang sudah dipersiapkan akan tidak tersalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Beberapa lama kemudian, hujan mereda dan para donatur langsung turun ke jalanan untuk membagikan makanan-makanan yang telah dipersiapkan. Setelah berbagi, mereka buka puasa bersama yang sekaligus evaluasi kegiatan perdana yang telah dilaksanakan hari ini.

Aprian juga memberikan kesan pertama yang dirasakan sangat senang sekali melihat rekan-rekan sangat bersemangat dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatan tertata rapi, dan ketika di lapangan banyak teman-teman yang bercerita, diserbu oleh mereka yang memang membutuhkan makanan tersebut sampai kekurangan. Bahkan, sempat sedih melihat masih banyak orang-orang di sekitar kita yang sangat menbutuhkan. Pesan saya kepada teman-teman semoga selalu istiqomah dalam melakukan kegiatan sosial seperti ini,” tutup Aprian.

Reporter : Feby Kartikasari
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here