Meski Pandemi, “PAI Mengajar” Terlaksana Tanpa Kendala

0
485

Wartaiainpontianak.com – Himpunan Program Studi (HMPS) Pendidikan Agama Islam (PAI) mengadakan kegiatan PAI Mengajar pada 26-27 Desember 2020 di Pondok Pesantren Al-Barokah, Desa Permata Jaya, Parit Berkat Ilahi. Kegiatan PAI Mengajar baru diadakan tahun ini oleh HMPS PAI dengan jumlah 16 orang panitia. Kegiatan yang merupakan program di HMPS PAI di bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) ini bertujuan tidak lain untuk mengabdi kepada masyarakat yang sesuai dengan jargon mahasiswa PAI.

Peserta PAI Mengajar diambil dari mahasiswa PAI semester 1 dengan perwakilan dua orang setiap kelasnya sehingga jumlah yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 36 orang. Peserta PAI Mengajar tidak memiliki kelompok, melainkan peserta dibimbing langsung oleh panitia melalui praktek langsung mengajar di Desa Permata Jaya.

Dengan jumlah peserta yang tidak sedikit, dalam masa pandemi ini, panitia mengupayakan untuk tetap aman dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Keberangkatan peserta yaitu pada hari Sabtu, 26 Desember pukul 15.00 WIB dengan berkumpul terlebih dahulu di kampus, lalu panitia dan peserta menggunakan sepeda motor menuju penyeberangan. Setelah sampai di penyeberangan, panitia bersama peserta berangkat menggunakan kendaraan ‘seppit’ (kendaraan seperti kapal laut yang biasa digunakan masyarakat Pontianak) untuk menyebrang menuju lokasi tujuan.

Keunikan kegiatan PAI Mengajar 2020 adalah mampu membangun momen kekeluargaan–walaupun hanya singkat–dengan sesama anggota, pemilik rumah, dan warga setempat. Serta, kegiatan ini akan memberikan pengalaman bagi mahasiswa baru di Program Studi PAI 2020 akan lebih mempersiapkan diri dan belajar untuk mengabdi menjadi calon guru yang baik ke depannya. Dengan kurun waktu 2 hari 1 malam, maka dapat dikatakan bahwa kegiatan ini berhasil menjalankan kegiatan tanpa ada kendala.

Ayu Baitin Ningrum, sebagai Ketua Panitia PAI Mengajar menanggapi terkait keberhasilan kegiatan ini. “Alhamdulillah tanggapan tentang kegiatan ini berjalan sesuai ekspetasi. Tidak ada kendala ataupun masalah selama kegiatan berlangsung. Momen kami satu sama lain juga dapat, sudah mampu membangun kekeluargaan walaupun singkat,” jelas Ayu.

Adapun yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah mendapatkan pembelajaran dan pengalaman tentang gambaran pengabdian guru terhadap siswa. Terakhir, Kholis sebagai Ketua HMPS PAI juga mengungkapkan harapan dari kegiatan ini. “Harapan kami pengurus HMPS PAI, dengan adanya kegiatan PAI Mengajar ini dapat menjadi wadah yang benar-benar bisa memberikan pengalaman praktek belajar mengajar yang baik kepada mahasiswa khususnya mahasiswa PAI. Adanya PAI Mengajar ini diharapkan juga dapat mengharumkan nama baik Prodi PAI di mata masyarakat. Dan tentunya, harapan kami kepada mahasiswa PAI, adanya PAI Mengajar dapat memotivasi kawan-kawan mahasiswa untuk aktif selalu di setiap kegiatan yang diadakan HMPS,” tutup Kholis.

Reporter : Feby Kartikasari
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here