Diksar Menwa: Menumbuhkan Semangat Bela Negara

0
544

Wartaiainpontianak.com – Korps Resimen Mahasiswa (MENWA) Indonesia Batalyon 01 IAIN Pontianak mengadakan Pendidikan Dasar (Diksar) yang merupakan salah satu rangkaian dari program kerja periode 2020-2021 di Gedung Rektorat Lantai 4 IAIN Pontianak, Kamis (03/12 ).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh beberapa pejabat kampus maupun pejabat lain seperti:
1. Plt Rektor IAIN Pontianak
2. Wakil Rektor 3 IAIN Pontianak
3. Kepala Bagian (Kabag) Umum
4. Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI)
5. Panglima Komando Daerah Militer (Kodam)
6. Kepolisian Daerah (Kapolda)
7. Komando Distrik Militer (Kodim)
8. Barisan Ansor Serbaguna (Banser)
9. Senior aktif Menwa
10. Anggota aktif
11. Unit Kegiatan Kampus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta Organisasi Mahasiswa (Ormawa) kampus

Upacara pembukaan diksar diikuti oleh 60 orang, 16 diantaranya ialah peserta dan sisanya merupakan tamu undangan yang telah disebutkan di atas. Adapun tujuan dari kegiatan pendidikan dasar ini adalah mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.

Selain itu, pendidikan dasar juga dijadikan sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara. Dengan demikian, pendidikan dasar yang dilakukan oleh Menwa ini akan mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (Sishanrata).

Prakas Adhi Pratama, sebagai Komandan dari Menwa periode 2020-2021 menyampaikan bahwa dalam setiap kegiatan pasti memiliki hambatan baik dari internal maupun eksternal, “namun dengan kerja keras dan kerja sama panitia satgas kendala tersebut dapat diatasi,” ujar Prakas.

Terakhir, adapun harapan dari Prakas, ia mengatakan, “semoga kedepannya kegiatan ini mampu berjalan dengan lancar dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan, dan juga mengharapkan anggota yang mengikuti pendidikan dasar mampu untuk mengemban tanggung jawab dan menumbuhkan jiwa bela negara.” tutup Prakas.

Reporter: Feby Kartikasari
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here