PERSIAPAN PEMILIHAN DUTA IAIN PONTIANAK 2020

0
139

Wartaiainpontianak.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak akan mengadakan Pemilihan Duta IAIN Pontianak 2020 dan ini merupakan agenda yang diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk Pemilihan Duta IAIN Pontianak 2020 dibuka pendaftarannya pada tanggal 3 – 22 November 2020 dan malam puncak acara ini pada tanggal 5 Desember 2020. Terpilihnya Duta di sebuah kampus merupakan simbol atau sosok ideal mahasiswanya. Fungsi atau tugas Duta kampus adalah membantu menyampaikan informasi keluar tentang perkembangan dan kemajuan. Dengan adanya Duta kampus ini diharapkan setiap kegiatan dapat membantu berperan demi kemajuan.

Semua persiapan acara sudah disiapkan dengan matang. Ketua Panitia, Sholeh ketika di wawancarai oleh wartaiainpontianak pada (18/11) mengatakan bahwa terkait acara ini sudah berjalan dengan lancar, karena dari kepanitiaan sendiri aktif untuk tetap berada di sekretariat dan saling membantu tugas.
“Yang menjadi kendala ialah utusan dari masing-masing HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) itu sendiri, dan yang menjadi kendala selanjutnya ya biaya dari kepanitiaan”, ucapnya.

Sholeh juga mengatakan bahwa banyak peserta yang mendaftar di acara ini dan juga harus sesuai dengan persyaratan pendaftaran.
“Untuk peserta yang mendaftar sekitar kisaran 30% dari total 100%, seperti itu”, ujarnya.

Juga Sholeh menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara online dan offline, “untuk yang online karena pembicaranya juga dari nasional jadi disampaikan secara online, sedangkan para peserta duta itu hadir secara offline di kampus IAIN Pontianak, namun tetap mematuhi protokol kesehatan”, lanjut Sholeh.

Acara Pemilihan Duta IAIN Pontianak 2020 ini dinaungi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Pontianak. Antara Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan pihak lembaga Institut saling bekerja sama dari berbagai segi, untuk mendukung kesuksesan Pemilihan Duta IAIN Pontianak 2020.
Muhammad Ali Fahmi selaku Presma mengatakan bahwa, “memang kegiatan ini dinaungi oleh DEMA IAIN Pontianak, tapi tidak terlepas kita akan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak institut atau pihak lembaga kampus.”

Fahmi berharap dari Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di lingkungan kampus IAIN Pontianak untuk bisa mendukung kegiatan ini, karena dari pemilihan Duta ini diharapkan nantinya menjadi ikon kampus dan dari kegiatan ini dapat menampung bakat-bakat mahasiswa.
“Pemilihan Duta ini adalah kita berharap Duta yang terpilih nanti menjadi ikon kampus, kalau kita organisasi mahasiswa ini adalah membuat kegiatan kegiatan untuk menampung bakat dan minat kawan-kawan mahasiswa tapi bagaimana hari ini duta nanti kedepannya, ini bisa untuk selalu mempromosikan kampus sehingga masyarakat lebih tahu lebih mendalam tentang kampus IAIN Pontianak,” ungkapnya.

Dan juga karena peserta Duta ini adalah utusan dari setiap prodi, ia berharap bahwa masing-masing Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) bisa mengirimkan delegasi-delegasi terbaiknya dari setiap program studi dan kepada keluarga besar IAIN Pontianak selalu untuk mendukung acara ini.

“Karena peserta dari Duta ini adalah utusan dari setiap Prodi berharap bahwa HMPS-HMPS yang berada di lingkungan IAIN Pontianak itu bisa mengirimkan delegasi delegasi terbaiknya dari setiap program studi. Bukan hanya Ormawa saja yang mendukung kegiatan ini, tetapi keluarga besar IAIN Pontianak juga mendukung. Setidaknya, kita sama-sama saling bahu membahu untuk mensukseskan pemilihan duta ini”, tutupnya.

Reporter : Muhammad Ragil Rabiul Akbar
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here