UKK PRAMUKA IAIN Pontianak Gelar Pelantikan Dengan Khidmat

0
79

Wartaiainpontianak.com – Senin, 14 Agustus 2020, telah dilaksanakan acara pelantikan pengurus Racana Abu Nawas – Rabiatul Adawiyah Gugusdepan 04.079 – 04.080 Syarif Hidayatullah Pangkalan IAIN Pontianak yang dilaksanakan pada pukul 08:30 hingga selesai di Rektorat lantai 4 berlangsung khidmat. Acara pelantikan tersebut dihadiri kurang lebih 60 org termasuk peserta, petugas, dan tamu undangan. Terdapat 29 orang anggota pengurus dewan racana dan dalam 29 orang tersebut kurang lebih diikuti racana aktif/mahasiswa IAIN Pontianak. Pengurus yg dilantik sesuai dengan hasil rapat tim formatur dengan mempertimbangan kemampuan dan keinginan anggota yg akan ditempatkan menjadi pengurus sesuai dengan jabatan atau bidang nya. Adapun kriteria untuk pengurus yang dilantik itu sesuai dengan SK yang telah ditetapkan oleh mabigus (  Majelis pembimbing gugusdepan ) dan hasil Musyawarah Racana.

Pelantikan ini sudah rancang mulai pada bulan Juli dengan berkonsultasi dengan para pembina putra ataupun putri, jajaran mabigus dan pembina satuan dan lainnya serta pada tahap rapat dan membentuk konsep sedemikian rupa, kita coba untuk penyesuaian pandemi dengan prosedur covid. Maksimal persiapan dilakukan selama 1 minggu. Untuk seluruh kegiatan, pengurus dan panitia menganggap seluruh kegiatan berjalan dengan baik. Menurut Bella Monika yang merupakan Pemangku Adat Racana Rabiatul Adawiyah Gugusdepan 04.080 menyampaikan bahwa,
“Secara keseluruhan alhamdulillah kegiatan ini sesuai dengan yang kami rencanakan,” ujar Bella.

Persiapan dalam pelantikan kali ini sama seperti mengadakan kegiatan seperti biasa, hanya saja perlu memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Adapun kendala dalam pelantikan ini terletak pada pada pengurus dan yang masih berada di kampung yang sulit mendapat izin dari orangtua karena kondisi pandemi ini dan perkuliahan masih libur. Beberapa bentuk protokol kesehatab yang dilkukan salam acara ini adalah penggunaan masker, mencuci tangan, penggunaan handsanitaizer, serta setingan ruangan yang dibuat berjarak atau sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Menurut Muhammad Budiman yang merupakan pramuka sebagai Ketua Dewan Racana Abu Nuwas Gugusdepan 04.079, mengatakan bahwasanya,
“Hambatannya mungkin ada terkendala bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa persiapan yang mengerahkan penyesuaian yang agak berbeda karena pandemi serta anggota aktif kita juga ada yg masih ada yang belum bisa bergabung pada pelantikan ini karena alasan pandemi juga karena rata-rata anggota aktif kita juga dari daerah atau Kabupaten di Kalimantan Barat yang jauh,” ujar Budiman.

Budiman berharap pada acara pelantikan ini agar seluruh pengurus bisa mengemban amanah.
“Untuk Pengurus , saya juga menasehati diri saya pribadi dan anggota atau pengurus bahwa amanah yang diemban ialah sebagai perubahan atau untuk menggali dan meneruskan tujuan racana yang berlandaskan tri satya dan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari. Karena Boden Powell (bapak pandu pramuka dunia) bahwa leader is not position but leader is move atau changer yang diartikan bahwa pemimpin bukan hanya posisi atau jabatan saja tapi pemimpin ialah dia yang menjadi penggerah atau memberikan perubahan,” tegas Budiman.

Kemudian Bella juga menyampaikan harapannya bahwa,
“Semoga seluruh pengurus yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah dengan rasa tanggungjawab dan bersemangat meskipun sudah di akhir kepengurusan namun harus tetap maksimal dalam menjalankan program kerjanya.” harap Bella.

Reporter: Feby Kartikasari
Editor : Syarifah Desy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here