Menghargai Perjuangan Pahlawan Dengan Menumbuhkan Semangat Juang Para Milenial

0
119

Wartaiainpontianak.com – Merdeka!!!! Indonesia merdeka!!!
Jayalah selalu negeriku tanah air ku tercinta!!! Pada tanggal 17 Agustus adalah hari yang mana seluruh rakyat Negara Indonesia memperingati hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dimana pada hari itu, diseluruh wilayah belahan Bumi Pertiwi ini melaksanakan upacara bendera dan pesta rakyatnya yang dikenal dengan lomba 17 Agustus-an atau 17-an. Banyak ragam perlombaan yang diselenggarakan seperti sepak bola antar RT, lompat karung, makan kerupuk dan sebagainya guna memeriahkan hari kemerdekaan.

Namun dibalik kemeriahan semaraknya kemerdekaan, kita perlu kembali mengingat bagaimana perjuangan para tokoh pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada 75 tahun yang lalu. Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945. Dimana pada saat itu teks proklamasi kemerdekaan resmi dibacakan oleh Ir. Soekarno di depan rumah Ir. Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta, pada pukul 10.00 WIB. Pada saat itu, upacara dilakukan sangat sederhana. Peristiwa bersejarah yang  mengubah nasib Indonesia itu hanya berlangsung singkat, yaitu sekitar 1 jam saja. Meskipun dilakukan dengan sangat sederhana upacara itu berjalan dengan penuh khidmat dan menjadi tonggak perubahan yang luar biasa bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Untuk mencapai Indonesia yang merdeka tentu bukanlah persoalan yang mudah untuk dilalui, banyak sekali yang dikorbankan demi mewujudkan Negara yang merdeka. Iya, merdeka itu berarti adanya kebebasan, benar! Merdeka itu tidak lagi adanya perbudakan yang terjadi, tidak ada lagi penindasan yang harus ditanggung. Bukankah kita patut untuk menghormati para pahlawan yang telah berjuang? Baik itu pahlawan yang telah gugur maupun yang masih ada hingga saat ini meskipun mungkin tidak kita ketahui keberadaannya. Lalu bagaimanakah seharusnya kita menghormati segala jasa para pahlawan? Apa lagi pada generasi millennial saat ini yang berhadapan langsung dengan era digital. Tentu tidak cukup jika hanya dengan melaksanakan upacara bendera kemudian kita hormat kepada bendera pusaka dan sejenak mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, Bukan?

Mengingat nilai-nilai Pancasila tidak hanya sebagai ideology Negara, juga sudah menjadi keharusan bagi kita nmelaksanakan nilai yang terkandung didalamnya. Pada sila pertama, yang berbunyi, “Ketuhanan Yang Maha Esa”, sebagai umat yang beragama, kita tidak hanya harus saling toleransi tetapi juga harus saling melindungi dan mendukung dalam mewujudkan Negara Indonesia yang damai, aman dan sejahtera sebagai bukti penghormatan kita terhadap perjuangan para pahlawan yakni dengan menjaga keutuhan Negara Indonesia ini yang menjadi tanggung jawab bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan bagi kita anak generasi bangsa tentu masa depan bangsa adalah tanggung jawab kita, pemegang tonggak peradaban. Maka kita harus memiliki semangat juang yang berkobar layaknya para pahlawan yang berjuang sampai titik darah penghabisan hanya demi Indonesia merdeka. Yang perlu kita lakukan adalah Move The Action!!!!

Kita sebagai generasi bangsa memiliki tanggung jawab untuk mengharumkan Negara Indonesia. Maka kita harus sadar betapa pentingnya peran yang kita pegang dan mulailah bergerak dari saat ini juga! Anak Indonesia adalah generasi hebat yang berbakat, lakukan, bergeraklah dan buatlah karya untuk membanggakan Indonesia. Manfaatkan segala kemampuan yang kita miliki apapun itu dibidang apapun itu. Semangat !!!! selamat hari kemerdekaan dirgahayu Republik Indonesia yang ke- 75. Jayalah Negeriku!!!!

Penulis : Sriwati

Editor : Syarifah Desy Safitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here