Keluarga Besar Fakultas Syariah Gelar Halal Bi Halal Online

0
235

wartaiainpontianak.com – Kegiatan Halal Bi Halal Keluarga Besar Fakultas Syariah, IAIN Pontianak dilaksanakan secara daring (online) berjalan lancar. Kegiatan Halal Bihalal keluarga besar IAIN Pontianak tersebut diikuti terdiri dari Wakil dekan 2, Ardiyansyah, S.S, M. Hum., Kaprodi HES (Hukum Ekonomi Syariah), Abu Bakar, M.S.I, Kaprodi HKI (Hukum Keluarga Islam) Dr. Dahlia Haliyah Ma’u,. M.H.I dan Ketua Senat Mahasiswa IAIN Pontianak, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah, Ketua Dema Fakultas Syariah, Ketua KHALSA (Khatulistiwa Law), Ketua HMPS HES dan Ketua HMPS HKI, beserta Para Dosen-dosen se-fasya dan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Syariah. Sabtu, (30/05/2020).

Ardiyansyah, S.S, M.Hum (Wadek 2) dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hakikatnya adalah kegiatan Halal Bi Halal tersebut merupakan salah satu menjalin tali silaturahmi antara Mahasiswa dan seluruh Dosen Fasya. Maka dengan situasi pandemi covid-19 ini kita berharap selalu menjaga kesehatan dan kembali kepada fitrahnya manusia dalam kesucian setelah berjihad (berperang) melawan hawa nafsu hingga mendapatkan ampunan Allah. Adapun dosa-dosa kepada sesama manusia, bisa diampuni-Nya dengan saling memaafkan yaitu (Halal Bi Halal).

“Maka pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pribadi dan atas nama keluarga besar Fasya memohon maaf jika ada salah dan khilaf selama kita berkuliah antara dosen dan mahasiswa,” katanya.

Kemudian juga penyampaian dari Kaprodi HES, Abu Bakar,. M.S.I ini mengatakan, suasana Puasa Ramadhan yang telah dijalankan ditengah pandemi Covid-19 yang berimplikasi pada hampir seluruh bidang kehidupan, itu menunjukkan kelemahan salah satu manusia, sekaligus menjadi motivasi para insan akademis untuk menemukan obat atau vaksin baik itu para ilmuan serta peneliti.

“Pada momen yang berbahagia ini, melalui internalisasi nilai-nilai hikmah puasa Ramadhan yang sudah kita lewat bersama semoga kita bisa semakin sabar, disiplin, bekerja keras, kreatif dan inovatif untuk memberikan yang terbaik pada lembaga, baik itu kegiatan perkuliahan, kegiatan Mahasiswa, dan akademik lainnya. Walaupun kita lihat sudah berapa lama pandemi covid-19 ini ada di Indonesia bahkan insya Allah dari Pemerintah menyiapkan sepenuhnya kebijakan-kebijakan yang ada seperti new normal dan Kita akan ketemu di ruang perkuliahan supaya dapat bertatap muka seperti biasanya, dikarenakan juga situasi sekarang kita masih tetap bersyukur kepada Allah swt bisa menjalankan aktivitas sehari-hari melalui fitur-fitur daring (online),” jelasnya.

Sedangkan Kaprodi HKI, Dr. Dahlia Haliyah Ma’u,. M.H.I dalam pemaparannya menguraikan beberapa hikmah momentum Idul Fitri ini. Dia menyampaikan bahwa tujuan dari diperintahkannya ibadah puasa Ramadhan yang sudah Kita lalui bersama adalah untuk membuat umat islam mencapai derajat taqwa dan manusia itu kembali kepada fitrahnya. Walaupun kita di hadapi dengan pandemi covid-19 tetap selalu menjaga kesehatan tubuh dan bersyukur kepada Allah swt yang selalu memberikan kesehatan.

“Selalu meningkatkan Taqwa kita menyadari bahwa Allah Subhanahu Wata’ala selalu dekat dengan hamba-hambanya dan menjaga hubungan yang baik dengan Allah SWT agar kita tidak berbuat dosa dan selalu beribadah. Setelah Ramadhan ini, maka harus mempertahankan hingga bulan-bulan berikutnya dan tidak menyia-nyiakannya,” paparnya.

“Walaupun terlihat kesan Buah dari bulan Ramadhan yang ranum dan lezat semoga bisa kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan, bulan Syawal saat ini pun hakikatnya adalah bulan peningkatan,” tambahnya. Hikmah dari Idul Fitri dan Halal Bi halal ini menurutnya adalah bagaimana membentuk sinergi spiritual dan intelektual antar sesama, khususnya antar civitas akademika Fasya, IAIN Pontianak dengan saling memaafkan demi kebaikan bangsa, terlebih-lebih kebaikan sebagai umat manusia.

Dengan demikian dengan Halal Bihalal secara online bahwa pesan yang terakhir dari Ketua Dema Fakultas Syariah saat situasi adanya covid-19 seperti ini walaupun tidak bisa bertatap muka baik itu di perkuliahan dan sudah menggunakan teknologi via online tapi setidaknya kami dari pengurus ormawa Fakultas Syariah untuk dapat hadir dalam kesempatan Kali ini bersama dosen maupun mahasiswa untuk menjalin tali silaturahmi melalui secara online.
“Saya atas nama Sopiyullah beserta Pengurus ormawa Fasya mengucapkan Minal Aizin Wal Faizin TaqabbaTaqabbalallahu minna waminkum taqabbal ya kariim, Mohon Maaf lahir Dan batin, Semoga wabah penyakit ini memberikan hikmah kepada kita semua selalu dekat dengan Allah Swt dan bersyukur diberikan kesehatan atas limpahannya.” tutupnya.

Penulis : Muhammad Adib Alfarisi
Editor : Syarifah Desy Syahab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here