Ibu Lasmini : Berjuang Sembuh Demi Anak-Anaknya

0
994

wartaiainpontianak.com – Seorang Ibu dari salah satu Mahasiswi IAIN Pontianak saat ini sedang berusaha untuk sembuh dari kanker serviks yang dideritanya. Ibu Lasmini lahir pada tanggal 01 Oktober 1973 (46).
Natalia Lestari Putri ketiga dari Ibu Lasmini mengatakan jika penyakit yang dialaminya sudah lama, namun baru diketahui baru-baru ini.
“Ngga tau penyebab jelas nya apa. Awal nya mamak cuma ngerasa ada yang aneh same badan nya, terus ngerase ada tumbuh kayak benjolan gitu di bawah perut. Ngga ada sakit sama sekali tapi lama kelamaan muncul cairan yang berbau dari daerah kewanitan mamak. Lalu dari cairan itu berubah jadi darah kayak datang haid ngga berhenti-henti,” tutur Natalia mahasiswa IAIN ini saat diwawancarai melalui whatsapp.

Diketahui jelas Lasmini mengalami sakit ini saat bulan November saat dibawa ke Rumah Sakit.
“Kalo tau ada benjolan sih udah lama dari sebelum lebaran tahun lalu. Di periksa kan ke beberapa dokter masih belum ada vonis yg jelas. Ada yang bilang tumor, kista dan lain sebagai nya. Tapi pas november saat mamak drop sekali sampai masuk rumah sakit barulah diperiksakan secara terperinci lagi apa sih penyakit nya. Baru lah tau ternyata kanker serviks,” tambahnya.

Pihak keluarga berupaya semaksimal mungkin untuk kesembuhan Lasmini. Bahkan penawaran untuk dirujuk ada beberapa dan mereka memilih salah satu Kota.
“Pertama di Pontianak vonis dari dokter disini mengatakan kanker serviks stadium 3B udah mau naik ke 4. Jadi di sarankan buat kemo di rumah sakit besar. Ada beberapa pilihan waktu itu, Ada Jogja, Solo,Jakarta, Malaysia. Nah keluarga milih yang di Jogja di RS Dr. Sardjito. Sampai disana kata dokter yang menanganinye beda jauh vonis nya. Katanya mamak masih bisa di operasi semangat dong kita sekeluarga. Akhirnya kami ambil lah jalur operasi buat kesembuhan mamak,” kata Natalia.

Menurut tetangga Lasmini adalah sosok yang baik dan ramah. Tetangga mereka merasa Lasmini sudah seperti keluarga sendiri.
“Saya merasa sedih beliau biasenye datang kerumah, main sambil ngobrol. Sekarang dah jauh terus liat kondisinye sekarang jadi gak tega,” tutur Veby Diana selaku tetangga.

Kondisi Lasmini sangat memprihatinkan, asupan masih kurang untuk tubuhnya sehingga sempat mengalami gizi buruk.
“Sekarang masih dalam tahap pemulihan sih. Walau kondisi nya belum ada perubahan secara signifikan. Masih menjalani pengobatan juga di sana dan kemoterapi di sana,” tambah Natalia.

Untuk saat ini Lasmini terpaksa mengekost agar dekat dengan Rumah Sakit dan mudah menjangkaunya.
“Kalo disana tinggalnya ngekost rumah gitu di dekat RS, ya kurang lebih 15 menit dari kostan ke RS Dr Sardjito,”

Veby Diana berharap kesembuhan segera menghampiri Lasmini, berharap agar dapat berkumpul kembali.
“Doanye yang pasti semoge cepat diberi kesembuhan , yang mana kesulitan sekarang semoge ada jalan keluar , dimasa-masa penyembuhan semoge selalu diberi kekuatan , dan harapannye semoge cepat kumpul lagi dirumah menjalani aktifitas kembali kayak dulu Aamiin,” pungkas Veby.

Natalia juga menyampaikan doa juga harapannya, anak-anak Lasmini akan menjadi motivasinya dalam sembuh. Saling mendukung satu sama lain menjadi kekuatan Lasmini untuk saat ini.
“Semoga mamak cepet sembuh. Bisa berkumpul lagi kayak dulu. Semoga Allah angkat penyakitnya. Senggaknya diberikan kekuatanlah mamak biar bisa lawan penyakit nya dan berharap semoga disana ngga kekurangan, kebutuhan disana juga semoga jak terpenuhi dengan kehendak Allah.” tutup Natalia.

Reporter: Syarifah Desy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here