Laboratorium Terpadu Dalam Proses Pembangunan

0
610

wartaiainpontianak.com – Institut Agama Islam Negeri Pontianak kembali melakukan pembangunan, yang mana kali ini sedang di bangun gedung Laboratorium terpadu yang terletak diantara masjid Syekh Abdul Rani dan gedung Rektorat IAIN Pontianak. Gedung yang langsung menghadap ke persimpangan tiga jalan Letjend Soeprapto ini akan menjadi wajah baru IAIN Pontianak. Sumarman selaku Kabag umum mengatakan bahwa gedung ini bukan hanya menjadi laboratorium akan tetapi juga akan di jadikan perpustakaan, khususnya di lantai 2 Kamis,(07/11/19).

“Gedung ini akan menjadi landmark, yang mana lantai 1 akan menjadi bassment, lantai 2 akan menjadi perpustakaan, lantai 3 akan menjadi perkantoran perpustakaan dan kantor lainnya, lantai 4 akan menjadi studio video, audio, dan foto, lantai 5 ada lab komputer dan PTID (pusat Teknologi, informasi dan data) sekaligus multimedia, lantai 6 akan menjadi pusat pengembangan bahasa (lab bahasa), dan lantai 7 akan menjadi lab pemantau hilal, yang mana atap paling atas akan di lengkapi dengan teropong untuk pemantau bulan dalam penetapan 1 syawal atau awal Ramadhan dan sejenis nya,” tutur Sumarman.

Ini merupakan alasan gedung ini di namakan Laboratorium terpadu karena di dalam gedung ini bukan hanya dijadikan lab tetapi juga akan di jadikan ruangan unit lainnya, seperti perpustakaan dan lain sebagainya. Gedung yang memakan anggaran sampai 25 miliar ini cukup ketat pengamanan dalam pekerjaan nya, tidak ada satu orang pun selain para kontraktor yg bertanggung jawab dalam pembangunan untuk masuk ke lokasi pembangunan.

Alasannya karena sebelum pembangunan ini dimulai, sudah ada serah terima lahan dulu antara pihak kampus dan kontraktor pekerjaan, jadi kepercayaan ini di berikan sepenuhnya kepada pihak kontraktor selama proses pembangunan, selain itu keselamatan juga menjadi alasan utama kenapa gedung ini sampai di pagar agar tidak ada orang lain masuk ke dalam area pembangunan.

Selain itu pada proses pembangunan nya setiap sudut-sudut tertentu terpasang kamera CCTV untuk para pihak yg bertanggung jawab dari cevitas akademika IAIN Pontianak dalam memonitoring hal-hal apa saja yang terjadi di lokasi. Dalam kesepakatan kontraktor dengan pihak kampus IAIN Pontianak, yang mana mereka akan menyelesaikan gedung ini sampai batas waktu 31 desember 2019 ini.

Reporter: Rahmat Hidayah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here