GenBi Ajak Mahasiswa Bincang Beasiswa

0
302

wartaiainpontianak.com – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalbar Komisariat Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak gelar Bincang Beasiswa Tahunan (Big Bast 2019) yang dilaksanakan di gedung Teater lantai dua. Jumat (15/11).

Kegiatan yang mengusung tema Bangun Generasi Berprestasi Tingkatan Kualitas dengan Beasiswa ini, bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar mahasiswa dan pantang menyerah, agar bisa meraih beasiswa sebagai wadah diri mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB ini mendatangkan Tiga pemateri yaitu Aris Mustofa penerima beasiswa Bank Indonesia, Mursyid penerima beasiswa Bidikmisi dan Rangga R Alsyabani M. Pd alumni LPDP.

Kegiatan dibuka langsung oleh Warek 3 IAIN Pontianak Abdul Mukti secara simbolis, dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa mahasiswa yang berprestasi harus memiliki tolak ukur sebagai parameter.
“Sebagai informasi, kalian yang telah menerima beasiswa, kalian harus disyukuri, tapi ini penting untuk generasi berprestasi harus ada parameternya, misal IPK, selama menerima beasiswa IPKnya menurun maka prestasinya menurun,” ujar Abdul Mukti saat memberikan sambutan.

Ia juga menambahkan sebagai mahasiswa IAIN maka seyogyanya menerapkan prestasi sesuai dengan visi misi IAIN Pontianak.
” Karna kalian dalam satu lokus IAIN maka prestasinya itu juga harus masuk ke konteks ke IAINnan, mengerti visi misi IAIN,” imbuh Abdul Mukti.

Zainudin selaku ketua panitia Big Bast 2019 menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai langkah penginformasian beasiswa yang berada di IAIN Pontianak.
“Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai informasi kepada adek-adek kita bahwa IAIN memiliki beasiswa yang cukup banyak, seperti Bidikmisi, Dipa, Bank Indonesia dan lain-lain,” ucapnya.

Zainudin juga menyatakan bahwa peserta yang dituju merupakan mahasiswa yang memang memiliki niatan tinggi dan tekat ingin mencari beasiswa.
” Kita memang menggunakan sistem Google from dalam pendaftarannya, agar kita bisa tau bahwa tanggapan dari pendaftar itu seperti apa, nah alhamdulillah dalam waktu dua hari setelah dipublikasikan langsung penuh kuota 100 kursi dari tanggapan mahasiswa IAIN sendiri,” kata Zainudin.

Nurul salah satu peserta yang hadir serta mahasiswa yang ikut menanggapi instastory GenBI Kalbar mengatakan bahwa ia cukup bersyukur bisa mengikuti kegiatan big Bast 2019.
“Disini kita diajarkan bahwa beasiswa itu tidak hanya untuk mendapatkan uang tetapi untuk membuktikan bahwa kita Berprestasi,” ujar Nurul dikuis tanggapan instastory GenBI Kalbar.

Zainudin berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa terus menjadi mahasiswa yang bersemangat dalam menggali ilmu dan menjadi mahasiswa yang Berprestasi baik akademi maupun nonakademik.
“Semoga dengan kegiatan ini mahasiswa khususnya adek-adek kita bisa paham bagaimana tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa dan juga adek-adek kita terus giat belajar dan meningkatkan prestasinya.” harap Zainudin.

Reporter: Aris Mustofa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here