Mahasiswa Gemparkan Kantor DPRD

0
384
Ratusan Mahasiswa IAIN Pontianak datangi Kantor DPRD dengan berjalan kaki.
Ratusan Mahasiswa IAIN Pontianak datangi Kantor DPRD dengan berjalan kaki.

Wartaiainpontianak – Ratusan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak melakukan demonstrasi dengan berjalan kaki dari Kampus menuju gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat. Rabu, 25 September 2019.

Mereka menuntut DPRD Provinsi untuk menolak Undang-undang (UU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah disahkan oleh DPR-RI bersama Presiden Republik Indonesia, mereka juga menolak Rancangan Kitab Umum Hukum Pidana (RKUHP), RUU Pertahanan,  serta menuntut aparat untuk menghentikan tindakan represif terhadap aktivitis dan masyarakat serta menindaklanjuti oknum aparat yang terbukti melakukan tindakan tersebut, serta mereka meminta DPRD Kalbar untuk mendesak Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk bijak dan tegas dalam menyelesaikan persolaan bangsa.

Bukan hanya Mahasiswa IAIN Pontianak yang melakukan demontrasi. Perguruan tinggi lainnya di Kota Pontianak juga turun melakukan demontrasi menuntut hal yag sama. Mereka adalah Mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN), Universitas Muhammadiyah (UMP), IKIP, Polnep, dan Mahasiswa perguruan tinggi lainnya. Serta Mahasiswa perkumpulan dan himpunan yang ada di Kota Pontianak juga terlibat menuntut hal yang sama.

Demontrasi Mahasiswa IAIN Pontianak langsung di pimpin oleh Presiden Mahasiswa (Presma), Khairun Tamam. Dengan melibatkan DEMA I, DEMAF, SEMA I, SEMAF, seluruh Himpunan Mahasiswa   Program Studi (HMPS), UKK, UKM, dan seluruh Mahasiswa IAIN Pontianak meski tidak semuanya hadir.

Para Mahasiswa demontrasi dari berbagai Kampus yang ada di Kota Pontianak memadati halaman DPRD Provinsi Kalbar. Mereka mendesak agar Anggota DPRD keluar dari gedung untuk menemui mereka. Meski Mahasiswa tidak bisa memasuki ruangan DPRD yang telah dijaga Polwan dan Polisi yang berbaris rapat di tangga naik pintu masuk gedung, mahasiswa tetap mendesak anggota DPRD untuk keluar dengan memadati teras depan pintu masuk.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar akhirnya langsung menemui Mahasiswa yang telah menggemparkan Kantor DPRD. Mereka didampingi Polda menyampaikan argumen di depan ratusan Mahasiswa.

“Kepada adek-adek Mahasiswa kami ucapkan selamat datang di gedung rakyat Kalimantan Barat. Tentu bersama-sama saudara semua kami akan memperjuangkan aspirasi yang saudara-saudara sampaikan,” ucap Urjansyah Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat saat menyampaikan pembuka oratornya.

Reporter: Sapto Nur Cahyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here