Empat Pesan Untuk HKI

0
228

www.wartaiainpontianak.com– Dekan Fakultas Syariah (FASYA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak berikan empat pesan bagi mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) dalam sambutannya di acara Orientasi Akhwal Syakhsiyyah Edukatif (OASE) pada Kamis, (26/09/2019).

Mahasiswa Hukum Keluarga Islam merupakan mahasiswa yang mempelajari pada bidang hukum fokusnya ialah tentang kekeluargaan yang kajiannya berbasis hukum syariah namun bukan hanya berbasis pada hukum Syariah kajiannya juga berdasarkan hukum postif di Indonesia.
Dekan Fakultas Syariah, Dr. Muhammad Hasan,S.Ag.,M.Ag memberikan empat pesan dalam sambutannya didepan mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI).
“Dalam sambutan ini saya memberikan empat pesan terhadap mahasiswa Fakultas Syariah khususnya Hukum Keluarga Islam,” ujarnya.

Empat pesan Dekan Fakultas Syariah ialah pertama, mahasiswa Hukum Keluarga Islam harus berintegritas maksudnya ialah mahasiswa Hukum Keluarga Islam harus unggul dari mahasiswa-mahasiswa lain mulai dari pemikiran dan lain sebagainya.
“Mahasiswa Hukum Keluarga Islam harus unggul dari mahasiswa-mahasiswa lain dalam bidang keilmuan, “ pesannya.

Kedua, mahasiswa Syariah khususnya Hukum Keluarga Islam harus memiliki sikap religius yang tinggi maksudnya mahasiswa harus memiliki kepribadian yang menggambarkan sikap-sikap yang bernuansa keislaman didalam Fakultas Syariah sendiri.
“ Mahasiswa Hukum Keluarga Islam harus menanamkan sikap-sikap keislaman didalam kepribadiannya sehingga bisa menjadi contoh bagi mahasiswa-mahasiswa lain dan Fakultas Syariah sendiri telah menerapkan membaca Al-Qur’an sebelum perkuliahan dimulai,” ujarya.

Ketiga, mahasiswa Hukum Keluarga Islam harus memiliki prestasi.
“Harus memiliki kemampuan lebih atau prestasi dari mahasiswa-mahasiswa lainnya banyak bidang yang harus anda kuasi mulai dari ilmu falak, karya tulis ilmiah, membaca kitab, peradilan semu dan lain-lain kalian harus menguasai bidang-bidang ini,” ujarnya.

Terakhir, Hukum Keluarga Islam mahasiswanya harus memiliki sifat yang berakhlakul karimah sehingga dalam aktifitas dapat menggambarkan sikap-sikap yang baik sesuai tuntunan agama mulai dari sopan terhadap yang lebih tua seperti dosen, alumni dan lain-lain sehingga dapat mencerminkan sikap keislaman.
“Pesan saya yang terakhir ialah mahasiswa Hukum Keluarga Islam harus memiliki akhlakul karimah yang baik dan sopan sehingga dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lain dan dapat menggambarkan sikap sesuai tuntunan islam.” tutupnya.

Reporter: Sopian Lubis

Editor: Syarifah Desy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here