PBAK Menginap, Panitia Upayakan Fasilitas MCK Maba

0
815
Suasa kegiatan Pra PBAK di Gedung Sport Center IAIN Pontianak. (Foto : WARTA/Saddam)
Suasa kegiatan Pra PBAK di Gedung Sport Center IAIN Pontianak. (Foto : WARTA/Saddam)

wartaiainpontianak.com – Kamis, 22 Agustus 2019 bertepatan di gedung Sport Center IAIN Pontianak telah berlangsung acara Pra PBAK ( Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan) . Pra PBAK adalah acara yang berupa beberapa persiapan menuju PBAK yang dilaksanakan pada tanggal 26-29 Agustus 2019.

Dalam kegiatan besar bagi mahasiswa baru ini terdapat persiapan yang cukup besar dari panitia. Panitia telah melaksanakan persiapan kegiatan PBAK ini selama 1 bulan 15 hari. Persiapan yang panitia lakukan seperti rapat perminggu dan rapat intensif yang dihadiri 80% dari kepanitiaan.

Abdur Rahman selaku ketua panitia PBAK menuturkan bahwa  semua panitia hadir pra PBAK ini, tetapi tidak semua rapat persiapan dihadiri panitia. “Karena ada memang sebagian dari panitia yang KKL dan sebagainya,” tuturnya.

Di balik segala persiapan yang panitia lakukan, terdapat perbedaan konsep PBAK tahun ini dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Yakni PBAK tahun 2019 ini hanya berlangsung selama empat hari. Dengan estimasi dua hari dua malam mahasiswa baru menginap di kampus dan dua hari setelahnya mahasiswa baru tidak menginap lagi.

Abdur Rahman kembali menuturkan bahwa konsep PBAK tahun 2019 berbeda dari tahun tahun sebelumnya. “Karena memang kita sekarang menggunakan sistem pada PBAK 2019 ini adalah konsep kemah,” kata Abdur Rahman.

Pada kesempatan itu ketua PBAK dan  Presiden Mahasiswa, Khairul Tamam menyinggung  kemungkinan kendala-kendala yang akan dihadapi. Salah satunya pada kesiapan fasilitas MCK  (mandi cuci kakus)yang kurang kondusif dikarenakan mahasiswa baru akan menginap.

Namun pihak dekanat, DEMA Fakultas dan seluruh panitia terus mengoptimalkan kendala ini. Khairul Tamam, selaku Presiden mahasiswa berjanji akan  berusaha semaksimal mungkin dalam konsep PBAK menginap ini. “Mulai dari teknis bagaimana mahasiswa tidur, bagaimana mahasiswa wudhu dan segala macam. Kita akan maksimal untuk mempersiapkan itu,” tutur Khairul Tamam.

Kendati demikian, Khairul Tamam  telah menyatakan kesiapan 100% dalam dirinya untuk mengoptimalkan PBAK 2019 karena memang dia yakin dengan persiapan teknis dan acara yang dipersiapkan oleh panitia PBAK agar berjalan dengan semestinya.

Reporter : Feby Kartikasari, Adelia Fitri Millenia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here