Sambut Perkuliahan, FTIK Shalawat Bersama

0
455

wartaiainpontianak.com – Civitas Akademika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menyelenggarakan kegiatan shalawat bersama dalam rangka membuka perkuliahan semester genap 2018/2019. Basement FTIK menjadi tempat bertemunya keluarga besar fakultas tarbiyah, yang mana bertepatan pada tanggal 01 Rajab 1440 H, Jumat, 8 Maret 2019.

Di hari yang baik, tentunya harus diisi oleh kegiatan yang baik juga. “Seperti fakultas lain yang melaksanakan doa bersama, FTIK juga menambahkan kegiatan bermanfaat lainnya seperti bershalawat kepada Baginda Rasulullah SAW,” ujar Dr. Ali Hasmy DEKAN FTIK IAIN Pontianak.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk yang pertama kalinya dengan harapan agar perkuliahan yang akan dilaksanakan di semester genap ini dapat berjalan lancar. Karena seperti yang kita ketahui kegiatan menuntut ilmu termasuk ke dalam jihad. Jika pada zaman Rasulullah berjihad itu seperti perang, maka di era millenial menuntut ilmu apalagi ilmu agama bisa menjadi bentuk jihad para pelajar/mahasiswa.

Para mahasiswa antusias dengan diadakannya kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan pengisi acara shalawat yaitu Grup Ma’had Al-Jami’ah dan Grup Ust. Moh. Yusuf yang ikut hadir bersama yang lainnya di Basement FTIK.

“Saya pergi ke acara ini karena ingin berpartisipasi aktif dan mendapatkan teman-teman baru serta pastinya pengalaman yang tidak mungkin semua orang dapatkan, dan kebetulan saya dan teman-teman saya berkesempatan mengisi acara ini dengan memainkan rebana dan bershalawat,” ujar Jimmy Ibrahim, mahasiswa Fakultas Syariah yang turut hadir.

Ali Hasmy mengatakan kegiatan perkuliahan sangat bernilai oleh karena itu hendaknya dimulai dengan sesuatu yang baik, salah satunya yaitu shalawat bersama. Ke depan, kata Dia, pihaknya segera membuat buku kumpulan shalawat, serta membagikannya kepada para civitas akademika agar bisa bersama-sama bershalawat bersama Ust. Moh. Yusuf,” ujar Dr. Ali Hasmy.


Selain dihadiri oleh DEKAN FTIK, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I IAIN Pontianak, Dr. Firdaus Ahmad. Firdaus menuturkan mazhab dalam perkuliahan seharusnya berada di FTIK karena pada dasarnya FTIK merupakan Profesionalitas Pendidikan. “Jika mazhab perkuliahan berada di fakultas lain, maka kemungkinan besar akan terjadi keterbalikan atau kesenjangan dalam profesionalitas pendidikan itu sendiri,” ujar Dr. Firdaus Ahmad selaku Warek I IAIN Pontianak.

Ali Hasmy mengatakan acara shalawat seperti ini akan tetap dilaksanakan untuk menyambut dimulainya perkuliahan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Hal ini bertujuan demi tercapainya perkuliahan yang bernilai. “Memberikan energi positif serta semangat bagi seluruh civitas akademika FTIK IAIN Pontianak,” ucapnya.

Reporter : Tri Rahmayanti, Feby Kartika Sari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here