Pembukaan G-FESH, Dekan FUAD : Cara Berdakwah Kekinian

0
644

wartaiainpontianak.com – Pembukaan Gebyar Festival Dakwah (G-FESH) yang diadakan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dilaksanakan Minggu malam 17 Maret 2019 di Gedung Sport Center IAINPontianak.

G-FESH menoreh sejarah baru bagi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah serta menjadi sarana baru berdakwah yang dibalut dengan berbagai lomba.

Wakil Rektor I IAIN Pontianak, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum secara langsung membuka acara G-FESH sekaligus menyambut positif kegiatan ini.

Dekan FUAD, Dr. Ismail Ruslan, S.Ag M.Si mengatakan G-FESH bisa menjadi bagian cara anak muda kaum milenial melihat dan menyampaikan dakwah dengan cara kekinian.

“Kalau dulu dakwah disampaikan di atas panggung dan dengan cara-cara seperti biasanya. Namun untuk hari ini, mahasiswa harus menemukan cara berdakwah menyampikan pesan keagamaan dengan cara yang lebih adaptif dengan masa kini. Misalnya pada hari ini dakwah disampaikan melalui tulisan dan media masa lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Dekan FUAD berharap bagi mahasiswa FUAD untuk melakukan acara seperti ini di setiap tahunnya. Hal tersebut agar penyampaian dakwah terus berkembang dengan cara yang menyenangkan serta dapat diterima oleh semua kalangan.

“Anak-anak muda bisa menyampaikan dengan format yang kaum milenial ini. Acara G-FESH ini membaca dalam konten itu bahwa dakwah bisa disampaikan melalui dengan seni, nari dan segala macam,” kata Ismail Ruslan.

Dede Nurjaman selaku ketua panitia mengatakan acara ini merupakan acara perdana di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Tujuannya, kata Dede Nurjaman, ingin memberikan suatu pergerakan bahwa mahasiswa FUAD bisa membuat acara guna berkontribusi di lingkungan masyarakat.

“Serta tujuan diadakan acara ini agar masyarakat mengetahui bahwa di IAIN ada banyak berbagai macam jurusan dan menggangkat metode dakwah yang tidak hanya dilakukan dari mimbar ke mimbar,” kata Dede Nurjaman.

Sementara itu, pada kegiatan pembukaan mahasiswa memberikan antusias tinggi dalam berpartisipasi, khususnya mahasiswa FUAD. Badrus Sholeh Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Pontianak mengatakan antusias mahasiswa luar biasa karena acara ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh mahasiswa FUAD. “Sekilas saya melihat bahwa mahasiswa FUAD sudah berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan tersebut,” tutur Badrus Sholeh.

Senada dengan yang diucapkan Badrus Sholeh, Ketua DEMA FUAD, Nafi’i berharap besar kepada mahasiswa FUAD. Dia menuturkan acara ini tidak akan mungkin meriah tanpa partisipasi mahasiswa FUAD.

Nafi’i berpesan untuk para panitia agar terus semangat dalam kegiatan G-FESH yang akan diadakan selama seminggu yakni 17 Maret hingga 24 Maret 2019. “Ke depannya acara ini bisa lebih meriah lagi,” tuturnya.

Reporter : Widad Ardina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here