EXPO Muslim : Penataan Lapak Jualan Momen Wisuda IAIN

0
723
Ragam stand-stand jualan pada Ekspo IAIN Pontianak
Ragam stand-stand jualan pada Ekspo IAIN Pontianak

wartaiainpontianak.com – Kamis, 8 Maret 2019, IAIN Pontianak diramaikan dengan acara Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana yang berlangsung di Gedung Sport Center IAIN Pontianak. Seperti acara wisuda pada umumnya, para penjual bunga, makanan, minuman bahkan pakaian dan penyedia jasa lainnya.

Namun ada hal yang berbeda dari wisuda tahun ini. Perbedaannya terletak dari para penjualnya yang ikut berpartisipasi dalam acara wisuda tahun 2019. Tepat depan tower C terpasang banner yang bertuliskan “EXPO Muslim IAIN Pontianak” . Banyak stand-stand yang berdiri sejak tanggal 27 Maret 2019 dan berakhir pada 29 Maret 2019.

Abdul Mutholib, Ketua Panita Expo Muslim menuturkan bahwa tahun-tahun yang sebelumnya wisuda disertai dengan konsep tatanan penjualan yang ambur adul. Sehingga tatanan tersebut tidak menjanjikan wahana pemandangan penjualan yang baik dipandang mata dan penataannya kurang baik sehingga dalam suasana kampus itu kurang bagus. “Oleh sebab itu maka dibuatlah kita menggunakan tema EXPO Muslim IAIN Pontianak,” tuturnya. Konsep tersebut dipilih dengan dalih IAIN Pontianak harus mampu mengangkat ekonomi muslim dan memperkenalkan kepada masayarakat luas terutama tokoh-tokoh pendidik.

Expo Muslim IAIN Pontianak tersebut adalah penataan baru yang diinstruksikan langsung oleh Rektor IAIN Pontianak yang bertujuan untuk menghindari pedagang-pedagang luar yang akan memadati jalan sekitar kampus. Hal ini akan menganggu aktivitas para wisudawan dan wisudawati beserta anggota keluarganya. Pedagang dalam acara EXPO ini tidak hanya dari dalam kampus saja. Melainkan ada pula penjual dari luar kampus yang ikut berpartisipasi dalam semaraknya acara Expo ini. “Dalam penjualan ini mendadak bahkan mendadak sekali karena waktunya 7 hari dengan konsep yang udah harus ada. Kami mempromosikan penjualan ini lewat facebook, instagram dan whatsapp,“ tutur Abdul.

Struktur kepanitiaan kegiatan EXPO Muslim IAIN Pontianak dari FEBI (Fakultas Ekonomi Bisnis Islam) yang diangkat oleh panitia inti wisuda karena sangat sesusai dengan kegiatan jual beli ini. Tidak hanya menjual barang yang lazim dijaja saat acara wisuda, ada pula barang lainnya, seperti pakaian, aksesoris gelang, dan lain-lain.

Menurut Sri Wahyuni, salah satu pedagang menuturkan bahwa dia ingin menawarkan produk muslim yang berkualitas contohnya pakaian gamis laki-laki. Menurut dia tidak semua tempat menyediakan ini.”Rata-rata pengunjung saya sih mahasiswa dan hari ini juga ada orang tua yang berkujung. Alhamdulillah banyak pengunjung yang tau dengan produk yang saya tawarkan tapi ya sesuai dengan kantong mereka juga,” tuturnya.

Dengan adanya acara wisuda sebagai acara intinya, maka acara EXPO Muslim IAIN Pontianak juga menjadi pelengkap yang berdampak positif negatif bagi wisudawan dan wisudawati beserta keluarganya bahkan mahasiswa IAIN Pontianak sendiri. Banyak pula mahasiswa IAIN Pontianak yang antusias untuk mencicipi makanan dan minuman yang dijual, ada juga yang membeli pernak pernik wisuda, dan ada pula yang hanya sekedar melihat-melihat. Menurut Galuh, salah satu pengunjung mengatakan suasana wisuda sangat menyenangkan. “Suasana di sini nyaman, saya senang. Untuk harga yang ditawarkan disini standarlah sesuai dengan kantong,” katanya.

Reporter : Feby Kartika Sari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here