Buram Aturan Steril Lapak Jualan

0
567

wartaiainpontianak.com – Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana IX IAIN Pontianak diselenggarakan di Gedung Sport Center IAIN Pontianak pada Kamis, 28 Maret 2019. Prosesi wisuda pagi itu berjalan lancar hingga selesai. Namun di luar gedung, pemandangan tampak beda dari biasanya. Terlihat stand-stand kuliner dan jasa di lantai dasar Gedung Tower B IAIN Pontianak.

Stand penjualan, baik makanan dan jasa di Gedung Tower B IAIN Pontianak itu bernama EXPO Muslim Product yang berkerjasama dengan Career Development Center.

Abdul Muthalib, Ketua EXPO Muslim Product mengatakan Rektor melarang pedagang yang berjejeran di pinggiran jalan pada hari wisuda. “Oleh karena itu dari tahun ini hingga insyaallah seterusnya akan diadakan konsep EXPO Muslim Product,” ujarnya. Hal tersebut demi suasana yang lebih teratur kata Abdul Muthalib saat ditemui di Gedung Tower B IAIN Pontianak.

Namun peraturan terkait larangan berjualan di jalanan kampus belum sepenuhnya terealisasi. Masih terlihat beberapa penjual yang mendirikan lapak di bahu-bahu jalan IAIN Pontianak.

Saparudin, salah satu pedagang yang berjualan di dekat Masjid IAIN mengatakan panitia memberi izin berjualan dan hingga saat ini tidak ada permintaan pembayaran.

Hal berbeda dirasakan oleh Rony. Pria yang membuka stand di EXPO Muslim Product itu mengungkapkan sedikit kekecewaan tentang penjual luar yang tidak perlu membayar stand. ” Sebenarnya jalannya kan tidak betul, dari hari pertama sudah disterilkan tapi nyatanya masih ada yang berjualan di depan sana,” ujarnya.

Namun menurut Roby, dia tetap akan optimis. Panitia kata dia juga sudah membantu mensterilkan. “Mungkin oknum yang berjualan di luar saja yang tetap kembali,” ucapnya saat diwawancara wartaiainpontianak.com di Gedung Tower B.

Reporter : Adelia Fitri Melenia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here