KENAPA HARUS BERGAUL

0
417
image web

Dalam kaca mata agama, bergaul adalah saling mengenal dan silaturrohmi dalam rangka untuk menggapai ridho Allah SWT, demi mendapatkan rahmat, ampunan serta memperoleh ilmu-ilmu dan hidayah yang dapat memberikan mamfaat bagi kehidupannya di dunia maupun di akhirat.

“Hai manusia sesungguhnya kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kamu saling kenal mengenal, sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah di antara kamu ialah orang yang bertaqwa, sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal. (Qs-Al Hujarat: 13)

Ayat ini merupakan rujukan kita, bahwa Allah telah merekomendasikan kita untuk bergaul (saling kenal mengenal), tapi bergaul yang dapat memberikan manfaat dunia akhirat, yaitu bergaul dengan memperhatikan rambu rambu syariat Islam, yang sesuai dengan adab dan akhlak Islami. Saling mengenal dengan yang lainnya antar bangsa, bahasa, warna kulit, setatus social, bahkan agama. Agar menjadi hubungan yang baik, dan saling menghargai dalam berteman, meskipun berbeda  agama, maka sikap tersebut dapat di wujudkan dengan saling menghormati,  maka biasakan dirimu dalam membangun ukhuwah islamiyah, misalnya merasa sedih dan peduli kepada saudara kita yang kurang mampu, atau terkena musibah, maka kita sebagai sesama muslim wajib membantu mereka dengan apa yang kita mampu,meski hanya dengan berdo`a.

Allah menciptakan laki-laki dan perempuan untuk saling mengenal, sudah menjadi sunatullah  jika ada rasa saling suka, namun terkadang gara-gara cinta kita  menjadi buta, semua  terasa indah seperti di surga, orang tua dilawan, syariat di langgar, padahal Islam telah mengatur pola hubungan antara laki-laki dan perempuan agar tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

Kita memang harus bergaul, sebab orang yang tidak mau bergaul berarti jauh dari kesuksesan, karna tidak ada satu orangpun yang bisa hidup sendiri, dalam meraih kesuksesan nya, kesuksesan seseorang akan selalu di tolong oleh orang-orang lain di sekitarnya, pengusaha bisa sukses karna ada komsumen setianya, seorang pedagang yang bisa  kaya karna pelanggan yang mau membeli daganganya, kita bisa belajar karna ada dukungan dari keluarga serta guru-guru kita dan masih banyak lagi contohnya. oleh sebab itu kalau kita ingin sukses salah satu syarat nya adalah harus bergaul.

Penulis : Abd. Hafidz (Mahasiswa jurusan PAI IAIN pontianak Semester 1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here