Seminar Peran Al-Fatihah dalam Terapi Konseling

0
596

wartaiainpontianak.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) menyelenggarakan Seminar Motivasi bertajuk Peranan Al-Fatihah  dalam Terapi Konseling bagi Mahasiswa IAIN Pontianak , Kamis 27 Desember 2018.

Seminar motivasi mendatangkan pemateri Dr. M .Edi Kurnanto Dosen IAIN Pontianak sekaligus penulis. Acara dilaksanakan di Gedung UPT lantai 2 BIRO UAK.

Sebagai pembuka acara seminar motivasi, Dr Hesty Nurahmi M. Pd , Kepala Jurusan BKI  menyampaikan harapan agar peserta yg mengikuti seminar dapat mencerna apa yang disampaikan pemateri. “Karena materi yang disampaikan sangatlah bermanfaat dan sangat menarik untuk dibahas dalam pengkonselingan,” tuturnya.

Dr. M . Edi Kurnanto, selaku pemateri menyampaikan materi berjudul The Power Al-Fatihah Berbasis Konseling.  Di menyampaikan  Al-fatihah sebagai As-Syifa yaitu obat dimana obat tersebut sangat berguna untuk memaknai semua perbuatan dalam diri atau  hidup  manusia. ” Keutamaan Al-fatihah yang sangat bermakna untuk zaman yang milenial sekarang ini,” ucapnya.

Siti Mauljanah mahasiswa IAIN Pontianak jurusan  Bimbingan Konseling Islam semester lima ketika diwawancarai memberi tanggapan mengenai seminar motivasi yang di selenggarakan. Menurut Siti Mauljanah seminar yang diadakan oleh HMJ BKI sangatlah bermanfaat. “Apa lagi saat libur mengisi waktu luang dengan hal yang positif terutama dengan materi yang disampaikan,” tuturnya.

Risky Darmawan mahasiswa IAIN Pontianak  semester tiga mengatakan seminar ini sudah baik hanya saja ada yang masih perlu di perhatikan dalam hal teknis. “Kesiapan panitia yang menyelenggarakan acara harus memperhatikan keperluan- keperluan alat cadangan yang akan digunakan ketika keadaan darurat,” katanya.

Dalam sesi materi yang disampaikan Dr. M . Edi Kursnanto, dia mengajak para peserta seminar untuk bercermin terhadap orang-orang terdahulu yang mukmin. “Semua orang harus bercermin tetapi ada yang memilih cermin yang benar dan ada juga yg salah dalam memilih cermin ,itulah kehidupan,” tuturnya.

Memasuki pertengahan sesi, Dr. M . Edi Kurnanto memberi reward berupa buku “The Power of Al-Fatiha” kepada dua peserta yang dapat menjawab pertanyaannya.

Di akhir materi , M . Edi Kurnanto  memberikan motivasi kepada peserta agar menjadi mahasiswa yang terbaik. “Jadilah Mahasiswa yang kosisten dalam berkomitmen, kosisten untuk belajar dengan baik terhadap perjanjian dengan  orang tua , keluarga , dosen dan teman,” ucapnya.

Reporter : Dedek Indah

Editor : Imam Maksum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here