Dian Lestari : Wartawan Bukan Penadah Liur

0
559

wartaiainpontianak.com – Nonton bareng film jurnalisme investigasi dan diskusi bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak beserta beberapa jurnalis profesionala bertempat di Universitas Panca Bakthi (UPB). Acara ini digelar oleh AJI Pontianak, Minggu 1 Desember 2018.

Kegiatan nobar dan diskusi ini diisi oleh sejumlah jurnalis seperti Aries Munandar, Rudy Agus Haryanto, tak ketinggalan Dian Lestari, Ketua AJI Pontianak. Pertemuan menyuguhkan pembahasan-pembahasan seru, mengundang semangat para peserta diskusi.

Dian Lestari menyampaikan bahwa investigasi jurnalis juga diperlukan dalam sebuah berita agar berita tersebut diketahui secara mendalam dan terbukti kebenarannya. “Wartawan bukan hanya penadah liur bagi orang, yang mana saat dia berbicara kita tampung tanpa mengecek langsung kelapangan, itu sama saja kita seperti humas pemerintah,” tutur Dian Lestari.

“Jurnalis itu diukur dari karyanya, tidak mungkin anda akan dihargai oleh banyak orang kalau anda sendiri tidak mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membantu orang lain dengan liputan yang mendalam,” kata Dian Lestari.

Saat ditemui selepas kegiatan, Dian Lestari mengatakan bahwa ia memberikan film tersebut agar para jurnalis baik yang baru berkecimpung ataupun sudah berkontribusi di dalan pers kampus paham tentang jurnalisme investigasi. “Durasi film ini memang singkat, tetapi kami berharap jurnalis kampus paham investigasi jurnalis itu seperti apa,” ucapnya.

“Kemudian kasus yang dihadapi oleh jurnalis yang mengungkap kasus itu diapakan, karena ungkapan kebebasan pers itu seringkali hanya slogan, nyatanya masih banyak jurnalis yang mendapatkan ancaman ancaman saat ingin mengungkap kebenarannya,” katanya.

Reporter : Indah Chandika Anisyavira
Editor : Imam Maksum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here