Dekan FUAD : Mahasiswa PPL Adalah Duta IAIN

0
613

wartaiainpontianak.com – Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Dr. Ismail Ruslan M, Si menegaskan bahwa mahasiswa semester 7 yang akan melaksanakan  Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah duta IAIN Pontianak.

Pernyataan itu disampaikan Dekan FUAD ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan dan pembekalan mahasiswa PPL FUAD di Aula Syeikh Abdul Rani Mahmud Al-Yamini, Rabu 12 September 2018.

“Momen PPL telah tiba, inilah momentum anda (mahasiswa FUAD) melihat langsung. Bangunan teori pelajaran bagaimana sesungguhnya di lapangan,” ucap Ismail Ruslan.

Ismail Ruslan mengatakan di tempat PPL mahasiswa akan melihat perbedaan teori dan praktik. “Oh apakah sama antara teori dan praktik atau kah beda,” ujarnya.

Ketika ada hal hal yang mesti ditanyakan, kata Ismail Ruslan, maka konsultasi dengan pamong dan dosen pembimbing. “Jika ada sesuatu tidak jelas terkait PPL bertanyalah. Ada juga dosen pembimbing yang  akan menemani selama 40 hari, mewakili instansi tempat anda PPL,” tuturnya.

Ismail Ruslan mengingatkan, selama  40 hari mahasiswa PPL wajib masuk di tempat ia belajar praktik pengalaman. “Kehadiran tolong diperhatikan, tidak ada kegiatan lain. Semuanya kegiatan PPL,” ucapnya.

Akan ada persentase bagi mahasiswa yang kehadirannya kurang. Jika  kehadiran kurang maka kemungkinan tidak lulus mata kuliah ini.

Sekaligus Ruslan mengingatkan, dalam berinteraksi, peserta dapat menjaga akhlak, etika. “Karena ilmu tidak ada makna tanpa akhlak. Wajib pintar tetapi utamakan akhlak, ikuti apa yang menjadi aturan di instansi. Apapun yang anda lakukan di luar, adalah cermin dari IAIN Pontianak,” ucapnya

Ismail Ruslan berharap aturan yang telah disampaikan supaya diingat agar tertib. “Semoga kalian dapat banyak ilmu di tempat PPL. Beradaptasi di mana anda berada, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” harap Ismail Ruslan.

Reporter : Imam Maksum

Editor : Imam Maksum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here