Maksimalkan Peran Infokom, Dema Adakan Workshop Jurnalistik

0
763

wartaiainpontianak.com – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak berkerja sama dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta IAIN gelar Workshop Jurnalistik dan Pelatihan Infokom 2018, Rabu (25/07/2018).

Kegiatan workshop dimulai pukul 07.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pada kesempatan itu hadir Wakil Rektor III IAIN Pontianak, Dr. Abdul Mukti MA yang sekaligus membuka kegiatan.

Workshop jurnalistik dengan mengusung tema Memaksimalkan Peran Infokom Organisasi Internal Kampus dihadiri perwakilan setiap UKM dan UKK yang utamanya menjabat sebagai Infokom di internal masing-masing.

Ketua Umum LPM Warta , Farli Afif mengatakan bahwa informasi begitu penting, sangat mudah didapatkan di era ini, dan sangat perlu bagi setiap UKM maupun UKK. “Di era sekarang arus informasi sangat cepat,” kata Farli Afif dalam sambutanya.

Farli Afif lanjut mengatakan bahwa informasi palsu sangat banyak sekali dan sangat mudah dalam mendapatkan lewat gawai. “Kita harus bisa memilah dan memilih berita yang benar atau palsu (Hoaks) karena benar-benar menghancurkan bagi Indonesia dan luar negeri karena banyaknya hoaks yg beredar,” ujar Farli Afif.

Lukman Hakim selaku Menkominfo DEMA IAIN Pontianqk menuturkan dalam workshop kali ini merupukan program kerja yang sudah dicanangkan. “Merupakan salah satu program kerja yang berkerja sama dengan LPM,” kata Lukman Hakim.

Menurut Lukman Hakim kegiatan ini bertujuan agar di jaman perkembangan mahasiswa bisa menyebarkan informasi secara cepat,” pungkas Lukman Hakim.

Presiden Mahasiswa, Burhanudin menjelaskan sisi lain tujuan kegiatan ini yaitu untuk menguatkan dan menyatukan talisilaturahmi antar UKM maupun UKK,” kata Burhan.

Burhan menjelaskan setelah kegiatan ini para Infokom setiap UKM dan UKK bisa membuat wabsait informasi. “Lebih menguatkan ikhtiar terkait infokom lembaga masing-masing, bisa buat akun khusus setiap UKM UKK,” imbuh Burhan.

Warek III IAIN Pontianak, Dr. Abdul Mukti MA dalam sambutanya menyatakan kegiatan ini merupakan pertemuan perdanya dalam kegiatan mahasiswa setelah dilantik. “Pertemuan pertama saya, dan teringat kebiasaan masalalu saat aktif di pers kampus,” tutur Abdul Mukti.

Abdul mukti berharap kepada para mahasiswa untuk bisa berfikir faktual dan logis yang berbasis data. “Tidak ikut arus terhadap berita-berita sampah dan kita harus menjadi pembersih berita-berita sampah,” harap Abdul Mukti.

Reporter : Aris Mustofa
Editor : Imam Maksum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here