Zaenudin : Ramadan Bulan Introspeksi Diri

0
555

wartaiainpontianak.com – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan IAIN Pontianak Dr. Zaenudin MA mengajak mahasiswa dan seluruh civitas akademik untuk menjadikan Ramadan sebagai bulan introspeksi diri.

Pernyataan tersebut ia sampaikan kepada jamaah ketika memberikan kajian Dzuhur di Masjid Syeikh Abdul Rani Mahmud Al-Yamini IAIN Pontianak, Senin (21/5/2018).

Dia menjelaskan bahwa melakukan introspeksi diri penting dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana prilaku yang telah dilakukan apakah sesuai dengan koridor maupun telah sesuai dengan aturan-Nya.

“Kesempatan untuk mengevaluasi diri, dari segi beologis, bagaimana tubuh mengatur makanan dan minuman. Secara fisiologis, misalnya tidak minum arak dan menjaga hawa nafsu,” tutur Zaenudin.

Selain itu dia juga menyampaikan arahan langsung dari Kemenag terkait Moderasi Islam. “Dalam Alquran, umat moderat menuntut kita untuk mempunyai sikap berani,” tambah Zaenudin.

Apalagi di zaman media sosial ini, melihat sekarang ini eranya informasi mengalir tanpa ada yang bisa menyekatnya. Siapa saja sangat mudah mengakses informasi. Oleh karena itu seorang muslim harus berani mengambil sikap untuk memilah informasi.

“Karena ada kemungkinan informasi yang kita terima tidak semuanya baik,” kata Zaenudin.

Reporter : Imam Maksum

Editor : Imam Maksum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here