Utamakan Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

0
596

wartaiainpontianak- Soaialisasi penggunaan Bahasa Indonesia bagi media massa di selenggarakan di Balai Bahasa Kalimantan Barat, Sabtu 24/03/18.

Sosialisasi tersebut mengusung tema  “Utamakan Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik”.

Dalam kegiatan tersebut pihak panitia menghadirkan empat narasumber.

Aminulatif, selaku narasumber pertama  beliau menjelaskan tentang pemberitaan di media elektronik, media masa, pengutamaan Bahasa Indonesia, serta pelestarian Bahasa Indonesia.

Dalam penutup nya Aminulatif mengatakan ” Kita harus ingat empat identitas bangsa yang harus di akui oleh bangsa indonesia yaitu Bahasa Indonesia, Lambang negara (Garuda pancasila), lagu indonesia Raya, dan bendera”. Ucapnya.

Selanjutnya pemateri kedua oleh Ibu Wahyu, beliau menjelaskan tentang Penghargaan Adibahasa, penerimaan penghargaan Adibahasa, sasaran penghargaan Adibahasa, penilaian kebijakan kebahasaan dan kelestariannya.
Dalam penyampaianya beliau mengatakan
“Utamakan bahasa indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan kuasai Bahasa Asing,  Supaya manusia bisa menempatkan bahasa pada kedudukan dan fungsinya, sesuai dasar hukum, Undang- undang Dasar (UUD)”.

Pemateri ketiga Herwati, menjelaskan tentang Padanan atau istilah dalam Bahasa Indonesia.

Herawati mengatakan, ” Banyak padanan dalam bahasa indonesia yang bisa kita gunakan untuk mengganti kata asing, seperti backup arti dalam bahasa indonesia adalah recam cadang, contact Person: narahubung, lation: calir.
Padanan istilah, dalam bahasa Asing astringent lation sedangkan arti bahasa indonesia: calir kesat calir peregang.
Body lation: calir raga. Itulah arti bahasa asing yang di terjemahkan kedalam bahasa indonesia”. Ujarnya.

Dan Narasumber terakhir disampaikan oleh Harianto, beliau menyampaikan tentang Pembacaan dan Penulisan Teks.
Dalam penjelasannya harianto mengatakan ” Bahwa dalam pembuatan tulisan laporan harus sesuai dengan rujukan dalam KBBI, Pedoman umum bahasa ejaan bahasa indonesia, dan pedoman pembentukan tulisan. Di dalam penjelas beliau juga memberikan contoh tentang penyebutan huruf abjad”. Tutupnya

Reporter: Napipah

Editor: Sulistio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here