Kerjasama dengan PMI, KSR Adakan Donor Darah

0
804

wartaiainpontianak.com – Unit Kegitan Khusus (UKK) Korp Suka Relawan (KSR) Unit Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengadakan kegiatan Donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang dilaksanakan di Aula Syeikh Abdul Rani Mahmud Al-Yamini, Selasa (27/3/2018).

Sebagai pengisi acara, KSR menghadirkan komunitas Cinta Animal Kalbar (KOCAK) dan UKM Ray Science Band IAIN Pontianak. “Tujuan dari kawan-kawan KRS menghadirkan komunitas tersebut adalah untuk meghibur para peserta donor darah, serta mengisi kekosongan,” kata Anggun Susweda, selaku Komandan UKK KSR PMI Unit IAIN Pontianak.

Menurut Anggun kegiatan donor darah ini merupakan program kerja KSR yang diadakan tiga bulan sekali. “Kegiatan ini juga tidak hanya diadakan oleh KSR, tetapi juga di kampus-kampus lain PMI juga pernah mengadakan, dan pada tahun ini KSR  menjadi tuan rumah,” ujar Anggun.

Selain merupakan program rutin, tujuan  kegiatan ini yaitu sebagai contoh atau melatih anggota-anggota yang baru masuk maupun yang belum, baik di luar maupun di dalam kampus. “Sekaligus rekruitmen anggota baru, jadi kegitan ini merupakan suatu kewajiban atau keharusan yang harus diadakan,” kata Anggun.

Donor darah  merupakan kegiatan yang sekian kalinya yang diadakan oleh angkatan yang ke-10. “Karena sebelumnya angkatan yang lainnya juga pernah mengadakan kegiatan ini,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan donor darah, KSR tidak bisa mengadakan kegiatan ini sendiri karena anggota KSR belum ada pelatihan masalah donor darah. “Maka dari itu kami melakukan kerja sama dengan PMI, dan kami juga merupakan bagian dari PMI tersebut,” kata Anggun.

Anggun mengatakan donor darah ini telah diinformasikan dan terbuka untuk umum melalui penyebaran famplet dan sosmed. “Panitia mengundang instansi dan lembaga seperti,TNI, dan Polisi,” Anggun mengatakan.

Sebelum melakukan donor darah peserta diberikan makanan ringan, seperti bubur kacang hijau, pemeriksaan kesehatan sebagai persyaratan donor darah, dan mengecek golongan darah. “Dan sesudah donor juga dari PMI memberiakan bingkisan,” sambung Anggun.

Anggun berharap semoga kegiatan ini bermanfaat buat orang lain dan kegiatan ini juga bukan dirasakan oleh anak KSR ataupun PMI. “Tetapi juga di rasakan masyarakat umum, khususnya bagi anak IAIN, dan untuk kedapannya semakin banyak yang donor, dan menolong bagi orang yang membutuhkan,” harap Anggun.

Reporter : Napipah Badriyah

Editor : Imam Maksum

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here