SAFEnet Gelar Event di Pontianak

0
658

wartaiainpontianak.com – Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) mengadakan kegiatan Digital Security dan Couching Clinic  di Canopy Center Jalan Purnama 2, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Senin (26/2/2018).

SAFEnet merupakan salah satu lembaga di Asia Tenggara yang memperhatikan kebebasan berekpresi di media.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, di antaranya Komunitas Blogger Pontianak, jurnalis-jurnalis, PNS , Swasta, bahkan pelajar pun turut meramaikan. 

Relawan SAFEnet, Aseanty Widaningsih Pahlevi, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyadarkan semua orang jika membaca dan menulis itu penting. 

“Terkadang masyarakat hanya tertarik dengan judul, lupa dengan budaya membaca lalu membagikan informasi yang dirinya sendiri saja belum mengerti betul akan informasi tersebut, bahkan lebih parah lagi hal ini akan menimbulkan persekusi,” kata ‎Aseanty Widaningsih Pahlevi.


Dia menjelaskan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat bahwa  penting meningkatkan kapasitas untuk berliterasi. 

“Era sekarang kemampuannya bertambah lagi tidak hanya membaca text dan menulis, tapi bekembangnya digital,” kata Aseanty Widaningsih Pahlevi. 

Event itu menghadirkan narasumber seorang relawan SAFEnet dari Bali, yaitu Anton Muhajir. 

Dia berkata, pelatihan seperti ini menjadi ajang berbagi ilmu pengetahuan tentang isu-isu pengamanan digital dan privacy. 

Mengingat fase yang menggunakan media sosial saat ini sudah mencapai puncaknya,” kata Anton.

 “Jika dulu kami mengajarkan cara menggunakan internet, berbeda dengan sekarang semua orang sudah tau menggunakan internet, jadi kami mengajak  semua pengguna internet untuk menjaga privacy mereka kerena maraknya penipuan yang terjadi,” kata Anton Muhajir yang juga salah satu relawan SAFEnet.‎

Reporter : Syf. Desy Safitri, Natalia Lestari‎
Editor : Imam Maksum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here