Sekretaris Redaksi Pontianak Post Beri Materi Kepada Warta

0
1025
Foto: warta/muhammad Nuruddin

IAIN Pontianak, www.wartaiainpontianak.com- Kegiatan Upgrading Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta menghadirkan Sekretaris Redaksi surat kabar harian Pontianak Post, Silvina sebagai pembicara, Sabtu (4/11).

Dalam rangkaian acara tersebut, Silvina mengisi sesi materi pertama yang dimulai pukul 08:30. Beliau menyampaikan tema tentang manajemen keredaksian dalam perusahaan media pers.

Pada sesi tersebut, beliau menyampaikan dan menerangkan beberapa struktur keredaksian beserta penjelasan tugasnya masing-masing . Mulai dari tugas pimpinan redaksi sampai tugas seorang reporter. “Seorang pimpinan redaksi adalah orang yang memiliki kompetensi di bidang ini (jurnalistik), Sedangkan sekretaris redaksi adalah orang yang berada pada garda terdepan menerima keluhan (terkait berita) dari luar lembaga,”terangnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang status wartawan. Menurutnya status wartawan itu ada tiga jenis, status pertama adalah calon reporter dan reporter. Status ini adalah wartawan yang baru berusia 0 sampai tiga tahun. Selanjutnya ada status wartawan medya. Wartawan ini biasanya disebut reporter dan redaktur, mereka ini adalah wartawan yang telah berusia tiga tahun ke atas. Kemudian yang terakhir berstatus wartawan senior.

Di pengujung penyampaiannya, alumni prodi Jurnalistik di IAIN Pontianak ini memberikan suntikan motivasi kepada para pengurus LPM Warta sekaligus wartawan kampus agar lebih giat lagi dalam membuat berita kampus. Beliau menekankan tentang arti pentingnya memahami fungsi pers mahasiswa sebagai kontrol sosial. “Fungsi media kampus adalah mengkritisi petinggi kampus jika memang ada hal yang perlu ditegur,”katanya.

Reporter : Imam Maksum

Redaktur : Adhe Siti Fatimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here