Senin, Juni 24, 2024
BerandaBeritaWALHI Tegaskan Tolak PLTN Di Kalbar

WALHI Tegaskan Tolak PLTN Di Kalbar

WALHI bersama Mahasiswa IAIN Pontianak, Sumber foto: Andini / Jurnalis LPM Warta

Wartaiainpontianak- WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) mengadakan serangkaian diskusi mengenai penolakan terhadap adanya PLTN (Pembakit Listrik Tenaga Nuklir) di Kalbar (Kalimantan Barat) dengan tema “jika Indonesia (Kalbar) bukan Chenobyl, kita bisa buat apa? ” tepatnya di Jurung Institut Dayakologi, Jalan Budi Utomo, Kota Pontianak. Jum’at, (03/05/2024).

Manajer kampanye tata ruang dan insfrastruktur WALHI nasional Dwi Sawung mengungkapkan, bahaya nuklir sama sekali tidak terlihat, detektor zat radioaktif yang dapat menyebabkan penyakit kronis sperti kanker menurutnya sangat urgent untuk dihadirkan.

“Kalo kita bayangin bahaya, bahaya ledakannya itu gak kelihatan, Ketika terjadinya cat mobil yang pertama kali terdeteksi itu bukan arah sekitar kayak ledakan bom tapi mereka ada detektor, Mereka menetap ada zat radioaktif masuk, Ini ada atmosfer, Mereka tahu bukan ada ledakan mereka tahu ada alat detektor yang tidak kelihatan sebenarnya, Memang dia tidak kelihatan tapi secara radiasi mereka kemana-mana,” Jelas Dwi.

Dwi Sawung juga menambahkan bahwa bahwa alat detektor tersebut tidak dapat digunakan secara bebas sebab, alat tersebut tidak bisa di beli di pasar, sehingga akses untuk mendapatkan alat tersebut cukup sulit khususnya di Indonesia.

“Mereka bilang aman-aman karena kita tidak ada detektornya tidak bisa dideteksi kecuali kita punya alat untuk deteksi dan alat deteksinya itu sulit untuk dibeli dipasar gitu ya, Jadi tidak bisa beli dengan mudahnya apalagi di Indonesia,” Ucap Dwi.

 

Penulis: Andini
Penyunting: Alfarizie

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments