Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaNarasiManuskrip Arab Pontianak

Manuskrip Arab Pontianak

Rabu malam di kediaman Fawaz bin Alabed Falogah Attamimi atau biasa dikenal Ust Fawaz Sabri Falogah selaku Tim pemegang Silsilah Arab Pontianak menjelaskan Nasab kepada masing-masing masyarakat keturunan Arab khususnya Pontianak, (17/10/19). Beliau mengatakan nasab Arab Pontianak semuanya bersumber dari bin Kinanah bin Adnan hingga terpecah menjadi tiga suku Alawiyyin, Ghibran, dan Masyaikh, dari tiga pecahan suku inilah terjadi berbagai macam suku-suku Arab.

Selain memaparkan silsilah, beliau juga menjelaskan sejarah perjalanan tokoh-tokoh Arab (Hadramaut) yang berhijrah ke berbagai macam Negara seperti Amerika, Australia, Indonesia, dan negara lainnya. Beliau juga memiliki catatan perjalanannya yang dimuat dalam satu kertas berukuran besar, jika dilihat kondisi kertasnya, sudah tidak layak untuk dipakai karena sudah lapuk dan koyak sehingga tidak bisa dibagikan kepada orang lain.

Penjelasan silsilah ini bermula dari kegelisahan masyarakat Arab di Indonesia yang tidak mengetahui nasabnya, bahkan tidak tau nenek moyangnya. Hinggalah dibentuk para-para tokoh untuk menjelaskan nasab sesuai kotanya masing-masing. Semua masyarakat Arab khusunya Pontianak sangat bersyukur dengan diadakannya pemberitahuan ini, karena dapat mengetahui nenek moyang beserta nasabnya.

Penulis: Irfan Falogah

Editor: Syarifah Desy

Redaksi WARTA
Redaksi WARTAhttp://www.wartaiainpontianak.com
wartaiainpontianak.com merupakan media daring (online) yang dikelola oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM ) WARTA, yang merupakan salah satu bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Alamat redaksi wartaiainpontianak.com berada di Jalan Letnan Jenderal Soeprapto No. 19, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat atau komplek kampus IAIN Pontianak Gedung Sport Center Bagian Barat. Iklan dan redaksi E-mail: lpmwarta1@gmail.com
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments