Sosialisasi PHBS KSR, Langkah Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan

0
134

wartaiainpontianak.com —Dalam kegiatan Mega Baksos Sosialisasi PHBS yang digelar oleh Unit Kegiatan Khusus (UKK) KSR PMI Unit IAIN Pontianak mengundang Hj. Evi Hestin Khalishah, SKM., MKM.,CH.,Cht.,C.NLP, seorang Dosen Jurusan PKIP, Penyuluh Kesehatan, Penyehat Tradisional serta pengajar bahasa isyarat di Kubu Raya, sebagai pemateri.

Evi mengungkapkan bahwa ia merasa senang diundang untuk mengisi materi dalam kegiatan ini. “Ini juga perlu diapresiasi, karena kegiatan ini penyelenggaranya masih remaja. Jadi saya senang sekali masih ada remaja-remaja yang peduli mengedukasi masyarakat yang saya lihat daerahnya juga cukup jauh dari kota,” tanggapan Evi saat diwawancarai oleh wartaiaipontianak, Sabtu (2/10).

Selain itu beliau juga mengatakan merasa sedikit kebingungan karena biasanya jika di masa Covid-19 materi yang disampaikan berkaitan dengan protokol kesehatan, namun dengan materi PHBS ini juga bisa dikaitkan sebagai cara untuk pencegahan Covid-19. “Saya sangat senang untuk berkontribusi jadi narasumber dalam kegiatan ini. Tapi saya agak sedikit bingung, karena materi yang biasanya di masa Covid-19 ini diminta dibawakan adalah berkaitan dengan protokol kesehatan, tapi berkaitan dengan PHBS juga oke dan salah satu upaya pencegahan Covid-19 adalah PHBS,” ujarnya.

Evi berharap dengan penyampaian materi tersebut membuat masyarakat bisa untuk merubah perilaku sehat. “Semuanya harus berubah perilakunya, harus mempraktekkan berdasarkan kesadarannya sehingga perilaku itu berubah. Karena di masa pandemi ini yang diharapkan pencegahannya adalah upaya perubahan perilaku,” lanjut Evi.

Evi menambahkan untuk mengubah kebiasaan perilaku memang sulit namun jika ada kemauan untuk berubah perilaku menjadi sangat penting. “Dan memang betul sangat sulit dilakukan, diterapkan, dan butuh waktu yang lama. Tetapi alangkah baiknya kita ingin dan mempunyai kemauan untuk berubah, itu juga sangat penting ditambah lagi adanya kegiatan edukasi ini untuk menambah ilmu pengetahuan. Jadi kegiatan ataupun perilaku yang diubah itu sudah ada isinya yaitu pengetahuan sesuai dengan materi hari ini.” Katanya.

Terakhir Evi berharap kembali dengan penyampaian materinya tersebut dapat bermanfaat dan mengubah perilaku dari peserta yang hadir. “Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat dan bisa mengubah setidaknya perilaku-perilaku peserta yang hadir saat ini,” tutup Evi.

Reporter : Widad Ardina
Editor : Mei Hani Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here