Pasar Pagi yang Tersembunyi

0
508

Wartaiainpontianak.com – Pasar pagi Kelurahan Mariyana merupakan pusat perbelanjaan berbagai barang. Mulai dari produk pokok, sembako, pakaian, makanan dan masih banyak lagi.

Seperti pasar pagi yang berada di Gang Punai, Marian, Kota Pontianak. Pasar pagi yang satu ini berada di tempat yang tidak biasa yakni di dalam gang dan berada di pemukiman masyarakat. Awal sejarah pasar pagi ini dimulai oleh beberapa pedagang yang berjalan kaki untuk singgah sebentar melepas lelah, di ikuti dengan banyaknya pedagang lain yang singgah sekedar berteduh dan duduk hingga menjadi sebuah pasar kecil yang menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Seorang tukang parkir bernama Riski mengatakan bahwa pasar ini merupakan tempat persinggahan
“Awal pasar ini tempat persinggahan, karena orang dulu ‘kan berjualan menggunakan junjungan atau keranjang yang di gendong dan keliling kampung. Lelah berkeliling mereka beristirahat di sini, orang perorang lalu ada orang lain yang ikut dan bukalah pasar pagi ini” ucapnya ketika diwawancarai pada Minggu pagi, 27 Desember 2020.

Seperti yang dikatakan Riski bahwa pasar pagi sudah beroperasi sekitar 40 tahunan yang di mulai oleh seorang pedagang sayur, pedagang air tahu, dan pedanggang pecal.
“Pasar ini sudah berdiri sekitar 40 tahunan. Pertama kali yang berjualan itu Bibi orang Jawa pedagang sayur. Yang kedua penjual air tahu China Perempuan, dan sekarang anaknya yang meneruskan” ucapnya.

Sejak 40 tahun yang lalu pasar pagi ini belum pernah di renovasi, hanya bertambahnya jumlah pedagang yang semakin ramai. Salah satu pedagang pecal yang sudah legend dari zaman kepemimpinan Presiden Suharto yang bernama Surieh mengatakan bahwa tidak adanya renovasi
“Dari dulu itu tidak ada renofasi sama sekali yang ada malahan bertambahnya pedagang” ujarnya.

Aktivitas Pasar pagi dimulai sekitar pukul 03.00 subuh, pedagang mempersiapkan dagangan serta tempatnya, sekitar pukul 05.00 pagi dan para pembeli mulai berdatangan. Pasar pagi ini tutup sekitar pukul 12.00 WIB.

Para pedagang tidak memasang tendanya sendiri. Salah satu pedagang yang bernama Sumiyati mengatakan ada petugas yang telah menyiapkan tenda dan meja
“Sekitar pukul 02.00 pagi ada petugas pasar yang memasang tenda dan menyiapkan meja, serta membongkarnya kembali pukul 12.00 siang” tutupnya.

Reporter : Annisa Surya Andieni, Ayu Rahmawati, Muhammad Fikri As sidiqi, Rifqi Al Furqon.

Editor : Widad Ardina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here